Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Tanda Janin Sehat di Dalam Kandungan, Sudah Tahu?
Tanda Janin Sehat di Dalam Kandungan, Sudah Tahu?
Gambar Tanda Janin Sehat di Dalam Kandungan, Sudah Tahu?

Ibu hamil harus tahu nih, berikut adalah deretan tanda janin sehat di dalam kandungan!

Baru mendapat kehamilan? Wajar kalau Anda acapkali bingung ketika mendapati perubahan selama kehamilan. Tak ayal yang demikian membuat Anda ragu apakah janin dalam kandungan sehat atau tidak?

Pada dasarnya janin sehat bisa dipastikan lewat serangkaian pemeriksaan kehamilan oleh dokter atau bidan. Namun, ada pula tanda janin di dalam kandungan sehat yang dapat dirasakan ibu hamil sendiri. Apa saja?

Tanda Janin Sehat di Dalam Kandungan

Kenaikan Berat Badan

Salah satu tanda janin sehat di dalam kandungan dapat dilihat dari kenaikan berat badan yang dialami ibu hamil.

Menurut panduan WHO, kenaikan berat badan pada ibu hamil tergantung dari berat badan awal ibu. Jika diawal berat badan Anda kurang, maka kenaikan berat badan yang direkomendasikan 12-15 kg.

Sedangkan jika berat badan Anda normal, kenaikan berat badan yang disarankan antara 9-12 kg. Lain halnya jika Anda mengalami obesitas, atau kelebihan berat badan maka Anda harus menaikan berat badan 6-9 kg saja.

Tentunya kenaikan ini terjadi secara bertahap, yakni 1-2.5 kg di trimester pertama dan 4-5 kg di trimester kedua dan ketiga.

Usia Kandungan 1 Bulan

Di usia ini umumnya janin sudah mulai bertumbuh sekitar 1 cm dan beberapa organ tubuh lain juga mulai terbentuk, seperti jatung, tulang bekakang, tulang punggung dan organ pencernaan.

Namun perlu diketahui, plasenta bayi belum terbentuk secara sempurna. Kondisi tersebut umumnya membuat janin masih rapuh. Ibu hamil harus mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya agar janin bisa berkembang dengan baik.

Usia Kandungan 2 Bulan

Ketika janin memasuki usia 2 bulan umumnya akan berukuran sekitar 2.5 cm. Di usia tersebut janin sudah bisa bergerak, bahkan organ jantungnya pun mulai berfungsi.

Oleh karenanya, di usia ini Anda sudah bisa melakukan USG. Detak jantung janin usia 2 bulan sudah bisa terdengar dan umumnya detak jantungnya 110-160 denyut per menit.  

Beberapa organ tubuh lainnya juga mulai terbentuk seperti mata, plasenta, bibir, lidah, hidung, telinga, dan gigi. Sementara ginjal, otak, hati dan alat kelaminnya mulai tumbuh.

Usia Kandungan 3 Bulan

Ketika memasuki usia 3 bulan, bentuk janin dalam kandungan semakin jelas terlihat. Di usia ini pula bagian jari, tangan, kuku, kaki dan sidik jari mulai terbentuk.

Ibu Hamil Mendapat Tendangan dari Janin

Tendangan dari janin juga menjadi pertanda bahwa janin dalam kandungan sehat. Hal tersebut juga menjadi tanda bahwa janin mengalami pertumbuhan dan perkembangan tulang pada organ motoriknya.

Janin yang jarang bergerak bisa jadi ia sedang mengalami masalah kesehatan tertentu. Untuk itu ketika hamil tua Anda harus menghitung intensitas tendangan janin dalam kandungan.

REFERENSI

  • Kenali Tanda-tanda Kehamilan Sehat. Diakses 15 November 2020
  • Ibu Hamil, Ini 12 Tandanya Bayi di Dalam Kandunganmu Sehat. Diakses 15 November 2020
  • Foto diambil dari situs mommyasia.id. Diakses 15 November 2020

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.