Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Tips Biar Bayi Makan Lahap MPASI
Tips Biar Bayi Makan Lahap MPASI
Gambar Tips Biar Bayi Makan Lahap MPASI

Si kecil sudah mulai diberi MPASI dan susah makan? Nih, tips biar bayi makan lahap MPASI yang harus Anda tahu!

MPASI adalah proses belajar yang bertahap dan tahap perkembangan anak pastinya tidak selalu sama. Beberapa anak ada yang langsung suka makan, dan sebagian lagi ada yang sulit memulainya.

Sebagai orangtua, Anda pastinya berharap jika si kecil makan dengan lahap dan tumbuh sehat. Untuk mendukung hal tersebut, Anda bisa memberikan beberapa jenis makanan bergizi berikut biar si kecil menjadi bayi gemuk dan sehat.

Tips Biar Bayi Makan Lahap MPASI

Alpukat

Tips biar bayi lahap MPASI pertama adalah dengan menyajikan buah alpukat matang yang sudah dihaluskan untuk si kecil. Diketahui, alpukat merupakan buah kaya lemak sehat yang baik bagi perkembangan otak bayi.

Komposisi lemak dalam buah alpukat hampir serupa dengan komposisi lemak dalam ASI. Selain itu, alpukat juga mengandung protein dalam jumlah tinggi. Ini pastinya baik untuk pertumbuhan bayi.

Wortel

Memiliki warna cerah dan menarik saat disajikan, wortel mengandung beta karoten yang baik untuk penglihatan dan perkembangan bayi. Cara menjadikan wortel sebagai MPASI adalah dengan cara dikukus sampai matang, lalu dilumatkan atau dicampur dengan bubur instan bayi.

Brokoli

Mengandung tinggi folat, serat dan kalsium, brokoli adalah sayuran hijau yang baik untuk dijadikan sebagai MPASI buat si kecil. Biar bayi lebih mudah mengkonsumsinya, Anda bisa memotong wortel kecil-kecil dan mengukusnya. Haluskan kukusan wortel tersebut sebelum diberikan pada si kecil.

Pisang

Selain mudah disajikan, pisang mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi sehingga baik diberikan untuk bayi. Namun demikian, Anda disarankan untuk memilih buah pisang yang sudah masak dan menyajikannya dengan cara dikerok atau dihaluskan.

Ubi

Tips biar bayi makan lahap MPASI berikutnya adalah memberikan ubi pada bayi. Di dalam ubi terkandung vitamin C, kalium, beta karoten, serat zat besi dan antioksidan yang tinggi. Rasa manisnya sangat disukai bayi. Anda bisa menyajikannya dengan cara dikukus lalu ditumbuk sampai halus.

Jeruk

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah jeruk ternyata baik untuk diberikan pada bayi. Anda bisa memberikan buah jeruk dengan rasa manis untuk mendukung pertumbuhan tulang dan pembentukan otot, serta jaringan tubuh lain.

Telur

Kuning telur banyak mengandung omega-3 dan kolin yang penting dalam perkembangan otak bayi. Namun Anda tidak disarankan memberikan telur pada bayi yang beresiko mengalami alergi. Biar lebih amannya, Anda bisa berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter atau bidan sebelum memberikan telur pada bayi.

Daging

Untuk membantu tumbuh kembang optimal bayi, Anda perlu memberikan asupan protein yang cukup di setiap harinya. Nah, salah satu sumber protein terbaik bisa didapatkan dari daging sapi, ayam dan ikan.

Pastikan untuk memberikan daging dengan kualitas terbaik pada bayi Anda. Namun sebelumnya, silakan masak dan haluskan daging biar pencernaan bayi lebih mudah mencernanya.

REFERENSI

  • 8 Makanan Super agar Bayi Gemuk Sehat. Diakses 6 November 2020
  • 8 Cara agar Bayi 6 Bulan ke Atas Gampang Makan. Diakses 6 November 2020
  • Foto diambil dari situs id.theasianparent.com. Diakses 6 November 2020

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.