Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Tips Menyiapkan MPASI di Rumah Tanpa Repot
Cara Melatih Bayi Untuk MPASI Tips Menyiapkan MPASI
Gambar Cara Melatih Bayi Untuk MPASI

Sebagai seorang ibu, Bunda pasti pernah berpikir untuk menyiapkan MPASI sendiri di rumah. Makanan bayi buatan rumah setidaknya sama enaknya dan bergizinya seperti yang layaknya tersedia di supermarket. Selain itu, dengan mengikuti tips menyiapkan MPASI ini, Bunda juga dapat memutuskan dan mengontrol bahan apa yang ada di dalamnya.

Tips Menyiapkan MPASI Tanpa Repot di Rumah

Terlepas dari apakah Bunda memberi makan si bayi dengan MPASI buatan sendiri atau hasil olahan yang dijual dari supermarket, bayi akan tetap mendapatkan nutrisi yang tepat untuk tumbuh dan berkembang dengan sehat. Namun demikian, ada beberapa alasan kuat yang akan membuat Bunda menjadi lebih bersemangat untuk membuat makanan bayi buatan sendiri di rumah:

  • MPASI buatan rumah tergolong lebih murah daripada membeli makanan bayi bermerek di supermarket.
  • Bunda dapat menyiapkan makanan yang sedemikian rupa sehingga sesuai dengan ide dalam hal tekstur dan rasa.
  • Melalui persiapannya, Bunda dapat memastikan bahwa bayi makan makanan yang seimbang dan hanya mengonsumsi bahan-bahan segar dan sehat.
  • Persiapan pembuatan makanan bayi akan jauh lebih cepat dan mudah setelah Bunda makin mahir dalam menguasainya.

Persiapan Sebelum Membuat Makanan Bayi di Rumah

Sebelum memberanikan diri masuk ke dalam proses membuat MPASI di rumah, ada baiknya jika Bunda membaca beberapa tips berikut ini:

  1. Beli makanan segar dan berkualitas tinggi.
  2. Saat menyimpan makanan bayi, pastikan suhu yang benar tetap terjaga. Makanan ini harus tersimpan dalam suhu sekitar 7 derajat Celcius atau sedikit lebih dingin. Gunakan termometer untuk lemari es dan freezer sehingga Bunda selalu dapat mengontrol suhu yang tepat.
  3. Cuci tangan secara menyeluruh dengan air hangat dan sabun sebelum menyentuh makanan.
  4. Bersihkan semua makanan secara menyeluruh sebelum menyiapkannya. Menghilangkan noda dan bintik-bintik busuk dari buah-buahan dan sayuran dan daging bebas dari kelebihan lemak.
  5. Gunakan satu talenan untuk buah dan sayuran dan satu lagi untuk daging. Proses Ini memastikan bahwa tidak ada kontaminasi silang.
  6. Pastikan peralatan masak selalu bersih dan higienis – hal ini juga berlaku untuk spons dan lap piring.
  7. Hindari memasak buah sebelum menghaluskannya. Setelah dipotong kecil-kecil, buah bisa langsung dihaluskan dengan blender atau food processor.
  8. Pastikan untuk memasak atau mengukus sayuran sampai matang. Jangan pula memasak sayuran terlalu lama, karena jika tidak, nutrisi yang berharga dari sayur akan hilang.
  9. Panaskan daging minimal 72 derajat celcius hingga setengah matang atau matang.
  10. Haluskan atau giling makanan sampai memiliki konsistensi yang diinginkan. Garam, gula atau rempah-rempah lainnya tidak memiliki kepentingan dalam resep makanan bayi. Biarkan si buah hati terbiasa dengan rasa makanan yang tidak berbumbu sebelum bereksplorasi lebih jauh ketika ia sudah beranjak besar.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Bunda pasti akan dapat dengan lebih mudah menyiapkan MPASI si kecil di rumah. Klik link berikut ini untuk resep menu-menu MPASI terbaik dan termudah.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.