Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI

47 Daftar Harga Perlengkapan Bayi Baru Lahir Bagian 1

Baju-baju Bayi Baru Lahir
Gambar Baju-baju Bayi Baru Lahir

Selamat ya ayah dan bunda sebentar lagi akan kedatangan sang buah hati yang sudah dinantikan selama ini! Kalau ini adalah untuk kelahiran anak pertama pasti masih bingung dong perlengkapan untuk bayi baru lahir apa saja yang harus dipersiapkan.

Jangan underestimate persiapan bayi baru lahir nanti kelabakan sendiri loh. Total perlengkapan bayi yang bisa kami kumpulkan adalah 47 jenis. Pada bagian pertama ini akan kami bahas 28 macam jenis perlengkapan bayi terlebih dahulu. Nanti bagian keduanya akan menyusul.

Sebelum terjun ke dalam daftar perlengkapan bayi baru lahir di bawah, biaya yang harus dipersiapkan untuk membeli perlengkapan bayi tersebut berkisar antara Rp2,800,000-Rp4,000,000 untuk pertama kali. Untuk biaya di bulan selanjutnya lebih murah yaitu sekitar Rp500,000an untuk beli popok, tisu, dan lain-lain.

Berikut daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli satu dua bulan sebelum perkiraan tanggal lahir dari dokter kandungan.

1. Pompa ASI

Pompa ASI merek Medela Harmony. Tipe pompa ini merupakan pompa ASI manual dengan harga Rp380,000. Cocok untuk coba-coba pertama kali. Kalau takut tidak punya waktu untuk pompa atau terlalu lelah setelah melahirkan boleh coba Medela Swing Maxi yang dijual dengan harga kira-kira Rp2,500,000.

2. Boon Squirt

boon squirt untuk makan bayi

Boon squirt adalah sendok makan bayi yang memiliki tempat penyimpanan minuman atau makanan encer. Jadi tinggal masukkan saja sendok ke mulut bayi lalu tekan untuk mengalirkan makanan ke sendok. Harga boon squirt yaitu sekitar Rp120,000.

3. Sisir Bayi

Sisir bayi ini kelihatannya sepele padahal penting. Ketika rambut bayi tumbuh akan susah dirapikan dengan tangan, maka harus dirapikan dengan sisir khusus bayi. Harga sisir dengan motif Disney dijual seharga Rp35,000.

4. Gunting Kuku Bayi

gunting kuku bayi merek simba

Gunting kuku bayi sangatlah penting bahkan bayi yang baru lahir harus segera dipotong kukunya. Kalau bayi yang baru lahir tidak dipotong kukunya dia akan melukai wajah dan tubuhnya. Beli gunting kuku bayi merek Simba karena ada kaca pembesarnya untuk membantu memotong kuku bayi yang kecil Rp55,000.

5. Handuk Bayi

Belilah handuk merek Terry Palmer dan merek Tottori bintang-bintang supaya bayi tidak bosan. Keduanya memiliki tekstur handuk yang berbeda namun tetap nyaman dan lembut.

Kenapa beli merek ini dan handuk khusus bayi? Karena ketika bayu habis dimandikan biasanya bayi menangis kalau dibungkus dengan handuk kasar. Harga handuk Palmer untuk bayi harganya sekitar Rp70,000 dan handuk Tottori Rp75,000

6. Selimut Bayi

Untuk selimut bayi tidak terlalu banyak pilihan tapi pilih saja yang lembut. Selimut bayi dengan harga Rp130,000 seharusnya sudah enak bagi bayi. Belilah dua buah selimut.

7. Washlap

Beli washlap sebanyak empat buah. Satu untuk lap ketika mandi, satu lagi untuk mengeringkan bayi setelah dibersihkan kotorannya. Dua lainnya untuk cadangan. Harga per washlap adalah Rp25,000

8. Popok Kain

Popok kain sangatlah penting untuk dimiliki meskipun sedikit. Popok kain sangat berguna untuk menggantikan popok sekali pakai (pospak) apabila terjadi ruam popok. Kalau tidak punya akan sangat gawat karena bayi menangis terus. Harga popok kain cukup murah yaitu Rp120,000 per enam potong.

9. Kain Bedong

Ini pasti sudah tahu, kain bedong gunanya untuk menghangatkan bayi, mencegah tangan bayi menggaruk wajahnya sendiri, dan juga bisa jadi perlak nantinya. Harga bedong bayi yaitu sekitar Rp120,000.

10. Sarung Tangan dan Kaki

Demi mencegah garukan di wajah bayi sarung tangan adalah kebutuhan yang wajib dibeli, sekalian dengan sarung kaki bayinya ya supaya bayi tetap hangat. Harga sepaket sarung tangan dan kaki bayi adalah Rp60,000 untuk enam pasang.

11. Singlet

Kenakan singlet pada bayi jika udara kamar atau lokasi sedang pengap, gerah, atau panas. Ini berguna untuk mencegah bayi menangis karena kepanasan atau biang keringat. Harga singlet bayi yaitu sekitar Rp55,000.

13. Baju Tangan Panjang

Baju tangan panjang berguna apabila bayi ditempatkan di ruangan yang ber-AC atau di lokasi yang dingin seperti puncak. Harga baju tangan panjang merek Velvet yaitu Rp80,000

14. Baju Tangan pendek

Baju tangan pendek untuk bayi berguna apabila bayi ditempatkan di ruangan yang sirkulasi udaranya tidak lancar atau lokasi yang panas. Harga baju tangan pendek merek Velvet yaitu sekitar Rp75,000.

Biasanya baju bayi merek Velvet sudah sepaket dengan celananya.

15. Minyak telon

Minyak telon yang bagus yaitu merek Bebe Roosie. Ini minyak telon untuk bayinya bukan berbentuk cairan tetapi bentuknya krim. Apa keuntungan memakai minyak telon yang krim dibandingkan dengan minyak telon cair? Minyak telon krim tidak belepotan dan mengurangi kemungkinan tercipratnya wajah bayi.

Harga minyak telon Bebe Roosie yaitu sekitar Rp22,000.

16. Nipple Cream

Ini sangat penting untuk ibu yang baru saja melahirkan untuk pertama kalinya karena belum tahu bagaimana karakteristik bayi ketika menyusui. Banyak bayi yang menggigit puting ibu hingga lecet atau berdarah. Jika begitu nipple cream wajib masuk dalam daftar perlengkapan bayi baru lahir. Harga nipple cream merek Medela Pureland adalah sekitar Rp80,000.

17. Baby Oil

Baby oil buat apa? Untuk bayi baby oil berguna untuk membuat kulit bayi lembab dengan cara dicampur sedikit ke air mandi bayi. Baby oil juga bisa dipakai untuk membersihkan telinga dan pusar bayi. Baby oil merek Pigeon biasanya dibeli oleh ibu-ibu dengan harga Rp18,000.

18. Baby Wash

Baby wash sudah jelas dibutuhkan untuk memandikan bayi agar bayi tetap wangi. Bayi sebenarnya bau loh jika tidak dimandikan dan juga apabila mereka berkeringat. Oleh karenanya perlu nih diberi aby wash ketika mandi. Baby wash 2 in 1 merek Pigeon harganya sekitar Rp56,000 untuk ukuran 700 ml.

19. Perlak Mandi

Perlak mandi khusus untuk bayi wajib dibeli, tidak boleh tidak. Cari perlak mandi berbahan karet yang tidak terlalu menyengat baunya. Harganya sekitar Rp120,000.

Selain untuk mandi, perlak mandi ini juga berguna untuk mengganti popok bayi. Tanpa perlak mandi bunda bisa saja tersiram air kencing atau kotoran bayi dan berceceran ke mana mana.

20. Breast Pad

Apabila memiliki ASI yang sangat banyak maka breast pad  adalah kebutuhan yang diperlukan. Daripada mencuci bra dan baju ketika terkena ASI mending pakai breast pad saja. Breast pad tiap setelah mandi, atau ketika breast pad-nya penuh. Kira-kira sehari butuh dua breast pad.

breastpad pigeon isi 66

Untuk harga breast pad merek Pigeon harganya sekitar Rp60,000 dengan satu pak isi sebanyak 66 buah.

21. Termometer

Termometer merupakan peralatan yang wajib dibeli. Termometer merupakan investasi jangka panjang untuk mengurus anak. Oleh karenanya belilah termometer yang bagus sekalian.

Termometer dipakai setiap pagi dan malam untuk mengukur suhu badan bayi. Kalau suhu badan bayi sudah lebih dari 38 derajat celcius dalam waktu beberapa jam sebaiknya disegerakan ke dokter.

termometer merek cadi

Termometer modern dan digital yang biasa dipakai oleh rumah sakit yaitu merek Cadi Scientific. Termometer ini bisa dipakai dengan cara ditempelkan ke dahi atau ke kuping. Harga termometer bayi dan anak merek Cadi ini harganya Rp230,000.

22. Bib / Alas Gumoh

Alas gumoh ini perlu tak perlu sih karena bayi tidak selalu gumoh. Bisa juga dilap dengan tisu. Namun, setiap bayi tingkat ngeces dan gumohnya berbeda. Ada bayi yang gumohnya sangat banyak dan perlu alas gumoh. Alas gumoh merek Palmer harganya Rp110,000/

23. Baju Kutung

Baju kutung tipis untuk bayi juga perlu selain baju lengan pendek dan lengan panjang. Baju kutung biasanya lebih tipis, cocok untuk bayi yang aktif bergerak. Harganya cukup murah yaitu Rp35,000 tiga potong dengan merek Fluffy.

24. Lemarin Kontainer

Sudah lihat kan sebanyak apa perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli? Kalau tidak punya lemari kontainer mau simpan di mana? Usahakan punya dua lemari kontainer masing-masing dengan lima laci atau sekat. Lemari kontainer harganya bervariasi tergantung merek, tapi rata-rata seharga Rp200,000an.

25. Geos atau Gendongan Kaos

Geos (Gendongan kaos) atau kain boleh pilih satu yang penting ada gendongan untuk bayi. Kalau geos merek Mere et Moi harganya sekitar Rp150,000.

26. Kapas

kapas bola medisoft isi 120

Kapas bulat merek Medisoft memang lebih mahal daripada kapas biasa tapi lebih efisien dan efektif untuk membersihkan kotoran bayi dibandingkan dengan kapas biasa. Harganya kisaran Rp8,000an per pak isi 120 bola kapas.

27. Tisu Basah

Selain kapas bulat, tisu basah juga penting untuk membersihkan kotoran bayi. Biasanya cara membersihkan kotoran bayi yaitu dilap dulu pakai tisu basah, setelah itu dilap dengan kapas bulat yang telah dbasahi dengan air. Tisu basah ini harganya relatif lebih mahal daripada kapas Medisoft.

Beli dan gunakan tisu basah yang tidak mengandung parfum dan tidak mengandung alkohol, kenapa? Untuk mencegah alergi dan ruam. Tisu basah non-alkohol dan non-parfum harganya sekitar Rp16,000.

28. Perlak Tidur Waterproof

Perlak tidur spesial untuk bayi diperlukan sebagai alas bayi tidur. Meskipun pakai popok, pipis atau kotoran kadang terselip dari popok dan jatuh ke kasur dan tentunya kotor. Kalau ini kejadian pada tengah malam tentu sangat amat repot karena harus langsung bersih-bersih. Dengan adanya perlak maka hal mengerikan tersebut bisa dihindarkan.

Perlak tidur bayi yang harus dibeli adalah perlak yang bagian atasnya adalah kain katun dan bagian tengahnya ada bahan waterproof. Satu buah kain perlak tidur ini harganya kira Rp115,000.