Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI

47 Daftar Harga Perlengkapan Bayi Baru Lahir Bagian 2

Baju-baju Bayi Baru Lahir
Gambar Baju-baju Bayi Baru Lahir

Artikel ini adalah lanjutan dari bagian pertama daftar harga perlengkapan bayi. Sebaiknya, bagian pertama juga dibaca ya!

29. Tas Perlengkapan Bayi

Tas perlengkapan bayi sangat penting terutama jika bayi sudah mulai bisa diajak jalan-jalan. Bunda bisa menyimpan popok, botol susu, tisu basah, sabun, kapas, dan berbagai perlengkapan bayi lainnya. Pilihlah tas yang di dalamnya terdapat beberapa sekat untuk memudahkan dalam pengorganisasian kelengkapan peralatan bayi.

Pemilihan bentuk dan warna tas juga harus disesuaikan dengan jenis kelamin bayi karena tidak cocok bayi laki-laki kalau tasnya warna merah jambu. Harga tas untuk perlengkapan bayi ini tidak terlalu mahal dibandingkan dengan tas biasa yaitu sekitar Rp300,000 dengan dimensi 60x40x30cm.

30. Penutup Colokan Listrik

Penutup atau segel colokan listrik untuk bayi ini sebenarnya tidak harus dibeli tepat setelah lahir, tetapi supaya tidak kerepotan nantinya sebaiknya sekalian dibeli ketika membeli peralatan bayi lainnya. Kenapa harus beli pengaman colokan listrik sekalian?

Harga pengaman colokan listrik terbilang mahal yaitu sekitar Rp30,000-50,000 dan harganya naik terus. Jadi kalau belinya di masa yang akan datang maka pasti lebih mahal.

31. Kasa Steril

Kasa Steril Husada

Kasa steril gunanya apa bagi bayi yang baru lahir? Gunanya untuk membersihkan mulut bayi dengan cara dililitkan ke jari, lalu jari dimasukkan ke mulut bayi dan lidahnya dibersihkan.

Harga kasa steril terbilang murah, tetapi untuk stok lebih baik beli Kasa Steril merek Husada sebanyak 10 buah. Satunya sekitar Rp15,000.

32. Termos

Termos sangat amat penting karena untuk menyimpan air panas yang akan dicampur dengan air biasa ketika menyeka muka bayi ketika mandi.

Selain itu pada saat ingin memandikan bayi di bak, ibu harus mencampur air panas dengan air biasa. Kalau masak air panas hanya pada saat bayi ingin dimandikan nanti lama, dan lebih boros. Lebih baik masak sekali dan disimpan ke dalam termos.

33. Bak Mandi Bayi

Memiliki bak mandi bayi adalah suatu keharusan. Bak mandi bayi seperti apa yang harus dibeli? Belilah bak mandi bayi dengan harga sekitar Rp250,000-500,000, bak mandi dengan harga segitu biasanya sudah aman untuk bayi.

Membeli bak mandi yang aman untuk bayi sangatlah penting. Kalau memandikan bayi biasanya memakai air panas yang dicampur dengan air biasa kan? Nah, kalau bak mandi yang murahan dia plastiknya bisa memuai dan menimbulkan reaksi kimia. Ini berbahaya buat bayi.

34. Popok Newborn

Ini sudah jelas harus dibeli. Untuk pertama kali hingga 2 bulan pertama belilah popok merek MamyPoko Newborn Extra Dry isi 52 (NB-52 0-5kg) yang kisaran harganya Rp88,000-100,000.

MamyPoko Extra Dry Newborn Isi 52

Harganya popok MamyPoko Extra Dry ini memang lebih mahal daripada popok standar lain, tetapi manfaatnya luar biasa. Dibandingkan popok lain, popok MamyPoko Extra Dry ini sangat jarang menimbulkan ruam dan daya serapnya luar biasa, sehingga bayi cenderung lebih nyaman.

Pernah kami tes beli popok MamyPoko yang standar, hasilnya terjadi ruam kulit bayi, kotoran bayi ke mana-mana, dan bayi lebih sering nangis di malam hari.

35. Hand Sanitizer

Belilah hand sanitizer yang tidak berbau dan jangan beli merek Antis karena gelnya menempel di tangan. Kalau yang biasa dipakai di rumah sakit cairan antiseptiknya akan menguap setelah digunakan.

Kalau tidak percaya coba saja pakai Antis, tunggu Antis-nya kering di tangan, dan setelah itu cuci tangan pasti gelnya masih terasa lengket di tangan. Nah ini bahaya kalau bunda main-main dengan bayi kan kadang bayi suka menjilat.

36. Sabun Cuci Tangan

Sabun cuci tangan ini wajib. Kalau bisa belilah sabun cuci tangan yang mengandung bahan aktif anti bakteri. Kalau yang biasa direkomendasikan sih merek Sleek, tapi Dettol juga boleh. Harganya sekitar Rp30,000.

37. Botol Susu Bayi

Botol susu bayi sangat penting untuk disediakan alih-alih bayi tidak suka ASI atau ASI-nya bunda tidak keluar. Bisa juga untuk memberikan bayi ASIP ketika bundanya sedang bekerja. Botol susu bayi merek Pigeon harganya sekitar Rp35,000.

38. Sikat Botol Susu

Selain botol susu bayi, sikat botol susunya juga penting karena botol susu bayi itu kecil dan susah membersihkannya. Kalau pakai spons busa biasa yang biasa digunakan membersihkan piring itu tidak bersih. Lemak susu bayi atau ASI juga lengket sehingga susah dibersihkan.

39. Sabun Cuci Botol Bayi

Nah, sabun cuci botol bayi juga ada hubungannya nih dengan botol susu bayi dan sikat botol susu bayi. Sabun cuci botol bayi mengurangi risiko keracunan akibat sabun dan sakit gara-gara bakteri.

Coba bayangkan Sunlight yang biasa dipakai untuk cuci piring bekas nasi padang dipakai untuk botol susu bayi, tidak cocok kan? Ada merek Sleek khusus untuk mencuci peralatan bayi.

40. Bantal dan Guling

Bantal dan guling bayi ini penting tidak penting sih. Ada bayi yang suka pakai bantal dan guling dan ada yang tidak suka sama sekali.

Bantal Peyang

Namun, satu bulan pertama sebaiknya pakai bantal peyang untuk bayi agar kepala bayi tidak peyang. Setelah tulang tengkorak bayi sudah mengeras maka boleh tidak digunakan lagi. Harga bantal dan guling bayi cukup murah yaitu sekitar Rp65,000.

41. Box Bayi

Awalnya sempat berpikir bahwa membeli box bayi tidak diperlukan sampai bayi usia enam bulan atau satu tahun, ternyata bulan pertama pun terpakai.

Box bayi di bulan pertama terpakai buat apa? Terpakai sebagai tempat untuk membersihkan kotoran bayi, mengganti popok bayi, dan memandikan bayi. Percayalah pasti berguna. Kalau belum yakin, yuk baca artikelĀ kelebihan dan kekurangan membeli box bayi.

Harga box bayi dengan kayu dan cat yang aman untuk bayi yaitu sekitar Rp900,000-1,500,000.

42. Kelambu

Kelambu adalah pasangan box bayi. Hanya diperlukan jika rumah memiliki taman, jumlah nyamuk, atau serangga yang banyak.

43. Tempat Sampah

Tempat sampah khusus untuk menyimpan limbah bayi yaitu popok bekas bayi, tisu bekas lap liur bayi, dan semacamnya sangat diperlukan. Jangan mencampur dengan limbah rumah tangga karena nanti akan lebih bau.

Letakkan tempat sampah dekat di box bayi atau tempat biasa bunda mengganti popok agar lebih mudah membuang limbah bayi.

44. Kantong Plastik

Nah, kantong plastik ini sangat penting sebagai teman tempat sampah bayi di atas. Belilah kantong plastik hitam khusus tempat sampah sebagai tempat membuang limbah bayi. Jangan menggunakan plastik bekas belanja di Carrefour, Indomaret, atau Alfamart karena tipis dan gampang sobek.

Tidak mau kan nanti pas mau buang sampah yang penuh dengan popok kotoran bayi tiba-tiba sobek di tengah jalan dan berceceran? Oleh karenanya perlu kantong plastik yang tebal. Harganya sekitar Rp16,000 per 20 buah untuk ukuran medium. Biasanya akan penuh diganti 3-4 hari sekali.

45. Maternity Napkin

Maternity Napkin Merek Modess

Ini untuk digunakan bunda yang habis melahirkan karena masih mengeluarkan darah yang cukup banyak. Darahnya beda dengan darah menstruasi atau haid yang kental. Darah setelah melahirkan lebih segar dan encer. Oleh karenanya butuh maternity napkin yang lebih tebal daripada pembalut biasa.

46. Jaket Bayi

Jaket bayi penting untuk mencegah bayi kedinginan dan juga pada saat mau ke rumah sakit bayi juga tidak boleh banyak terkena angin. Jaket bayi merek Fluffy harganya Rp65,000 untuk ukuran newborn.

47. Sepatu Bayi

Sepatu bayi juga bisa jadi alternatif dari sarung kaki bayi. Selain, itu bisa dipakai ketika membawa bayi ke mana-mana misalnya ke rumah mertua atau teman.

Ah kan bisa pakai sarung kaki bayi kalau mau jalan-jalan? Pengalaman kami menunjukkan bahwa sarung kaki bayi sering copot pada saat bayi digendong dan hilang. Harga sepatu bayi adalah Rp40,000 merek Papinko.