33 Bahan Utama Menu MPASI 6 Bulan

Berbagai Buah dan Sayuran
Gambar Berbagai Buah dan Sayuran

Membuat MPASI untuk pertama kalinya memang membuat bingung. Kadang kita takut MPASI buatan sendiri tidak cocok untuk bayi, atau bahkan bayinya tidak suka. Oleh karenanya ayah bunda harus tahu komponen bahan makanan apa saja yang dapat digunakan untuk membuat MPASI.

Ada 33 daftar bahan makanan untuk membuat menu MPASI 6 bulan yang biasa digunakan oleh banyak ibu-ibu. Bahan makanan tersebut dikategorikan menjadi tiga utama yaitu buah-buahan, sayuran, daging, dan lain-lain.

Buah-buahan Untuk MPASI

  1. Semangka
  2. Pir
  3. Apel
  4. Jeruk
  5. Mangga
  6. Melon
  7. Bit
  8. Pepaya
  9. Tomat
  10. Buah naga
  11. Alpukat
  12. Pisang

Sayur-sayuran Untuk MPASI

  1. Labu siam
  2. Brokoli
  3. Buncis
  4. Wortel
  5. Kabocha
  6. Zucchini

Daging Untuk MPASI

  1. Daging ikan salmon
  2. Daging ikan tuna
  3. Daging ikan lele
  4. Daging sapi
  5. Daging ayam

Lain-lain

  1. Kacang merah
  2. Ubi jalar
  3. Tempe
  4. Kentang
  5. Tahu
  6. Tepung gasol
  7. Havermut oatmeal
  8. Susu
  9. Keju
  10. Extra Virgin Olive Oil (EVOO)
MPASI Dengan Pisang

MPASI Dengan Pisang

Banyak cara mengkombinasikan buah, sayur, daging, dan bahan makanan lainnya untuk menghasilkan menu MPASI yang unik dan rasa yang Indonesia banget. Ibu-ibu bisa menggunakan berbagai macam cara seperti dikukus, direbus, diblender, di-puree, atau bahkan mengkombinasikan ketiganya. Memakai slow cooker Takahi juga bisa menjadi sebuah pilihan loh! Membuat nasi tim homemade juga menjadi lebih mudah dan jadilah mama koki yang handal bagi anak! Selain itu, ada banyak resep MPASI sebagai inspirasi di berbagai sumber seperti dr Tiwi, female daily, blog karimuddin aghnando, berbagai Facebook group, dan video YouTube.

Sebelum memasak menggunakan bahan makanan yang telah disebutkan jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu apakah anak ibu ada alergi untuk mengurangi risiko atau penyakit. Untuk mengeceknya boleh menelusuri alodokter atau website lainnya. Ini adalah bentuk salah satu bentuk manajemen kesehatan yang harus dikuasai oleh para ibu-ibu. Untuk selebihnya ibu-ibu juga harus mengetahu tentang WHO (World Health Organization) tentang berbagai kesehatan anak salah satunya adalah memberikan protein dan mineral yang cukup untuk bayi usia tertentu agar berat badannya stabil dan sehat.

Untuk mengetahui bagaimana efek menu MPASI bagi bayi, ibu-ibu harus memeriksa feses bayi apakah encer atau padat karena ini menunjukkan tidak atau cocoknya menu MPASI yang dibuat. Menu favorit akan menghasilkan feses yang tidak keras dan juga tidak lembek. Menu favorit mengandung elemen aroma dan tekstur bahan makanan, rasa, variasi, dan porsi ini akan memengaruhi bayi akan mencret atau sembelit.