Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI

4 Buah-Buahan Untuk Makanan Bayi 6 Bulan

Bayi Makan Puree Pisang
Gambar Bayi Makan Puree Pisang

Ibu-ibu bingung menentukan buah-buahan apa yang sebaiknya diberikan kepada bayi ketika berumur enam bulan? Sebenarnya banyak buah-buahan yang cocok untuk bayi, meskipun demikian ada empat buah-buahan yang populer untuk diberikan kepada bayi karena mudah didapat, bernutrisi tinggi, dan mudah diolah. Mau tahu? Yuk lihat daftar buah-buahan untuk bayi sebagai berikut.

Buah Alpukat

Alpukat mengandung vitamin A, C, niacin, dan folat, sekaligus mengandung mineral penting yaitu potasium, fosfor, zat besi, magnesium, dan kalsium. Alpukat cocok untuk bayi juga karena teksturnya yang lembut dan mudah dicerna oleh sebagian banyak bayi.

Buah Pisang

Tekstur pisang memang tidak selembut alpukat, namun bayi enam bulan masih bisa menerima pisang sebagai asupan makanannya. Pisang kurang lebih mengandung vitamin dan mineral yang sama seperti alpukat. Sebagai tambahan, pisang juga mengandung mineral selenium yang berfungsi sebagai stimulan kekebalan tubuh sehingga membuat bayi tidak gampang sakit. Selenium juga membantu tubuh memproduksi enzim antioksidan untuk membantu kekebalan tubuh bayi. Namun, dikarenakan banyak jenis pisang seperti pisang ambon, raja, dan lain-lain, pilihlah pisang yang paling matang dan cocok bagi bayi ibu.

Buah Pir

Buah pir memiliki kandungan vitamin dan mineral yang kurang lebih sama dengan alpukat. Perbedaan antara alpukat dan pir adalah pada teksturnya. Setiap bayi memiliki preferensi masing-masing terhadap makanannya. Sehingga ada bayi yang suka diberikan buah alpukat dan ada juga yang malah menangis ketika diberikan alpukat, begitu juga dengan buah pir. Ada bayi yang suka dengan rasa lebih manis lebih menyukai pir daripada alpukat.

Buah pir lebih berair dibandingkan dengan buah alpukat sehingga bisa saja menyebabkan bayi menjadi tersedak ketika makan. Oleh karenanya buah pir sebaiknya dicampur dengan sereal yang cocok dengan bayi enam bulan untuk membuat teksturnya lebih kental.

Buah Mangga

Mangga dikenal dengan rasanya yang manis dan enak, tetapi ada juga mangga yang terlihat manis tapi rasanya ternyata asam. Ibu harus mencicipi mangga terlebih dahulu sebelum dibuat menjadi puree dan diberikan ke bayi.

Buah mangga mirip dengan buah alpukat dan pir dari segi kandungan vitamin dan mineral. Tambahannya, mangga mengandung vitamin E dan K. Kegunaan vitamin K ini sangat penting bagi bayi untuk mencegah pendarahan dalam tubuh. Pendarahan yang dapat terjadi pada bayi adalah pendarahan otak dan usus. Menurut penelitian Schulte pada tahun 2014 enam bayi yang mengalami kekurangan vitamin K, empat diantaranya mengalami pendarahan otak dan dua lainnya mengalami pendarahan di usus.

Kegunaan vitamin E bagi bayi yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu memerangi bakteri. Bayi hanya membutuhkan asupan vitamin E kurang dari 6 miligram sehari. Oleh karenanya tidak perlu diberikan vitamin tablet melainkan cukup dari buah mangga saja.