Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Manfaat Apel Untuk Bayi yang Harus Ibu Tahu
Manfaat Apel Untuk Bayi yang Harus Ibu Tahu
Gambar Manfaat Apel Untuk Bayi yang Harus Ibu Tahu

Si kecil suka apel? Tahu gak sih, kalau ternyata ada sejuta manfaat apel untuk bayi? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Dalam 100 gram apel mengandung 86% air, 52 gram kalori, 0.3 gram protein, 13.8 gram karbohidrat, 2.4 gram serat, 10.4 gram gula dan 0.2 gram lemak. Tak perlu khawatir, sebab indeks glikemik di dalam apel terhitung rendah, yakni berkisar 29-44. Indeks glikemik sendiri merupakan kandungan karbohidrat yang dapat mempengaruhi kenaikan kadar gula darah.

Manfaat Apel Untuk Bayi yang Harus Ibu Tahu

Membantu Proses BAB                                                  

Manfaat apel untuk bayi yang pertama adalah untuk membantu melancarkan BAB. Kandungan serat yang ada pada apel diketahui baik untuk mencegah sembelit pada bayi. Jika bayi mengalami kesulitan BAB maka akan berdampak pada iritasi usus bayi.

Tingkatkan Kesehatan Pencernaan

Saat bayi mengalami masalah pada pecernaannya, biasanya ia cenderung lebih rewel. Untuk mencegahnya, Anda bisa memberikan apel sebagai MPASI si kecil. Serat larut atau pektin yang ada di dalam apel dipercaya dapat memelihara bakteri baik dalam usus serta dapat melancarkan pencernaan.

Cegah Obesitas atau Kelebihan Berat Badan

Bayi obesitas biasanya rentan mengalami asma, kolesterol tinggi, patah tulang, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 hingga kerusakan hati. Agar si kecil terhindar dari kelebihan berat badan dan berbagai resiko yang mengikutinya, Anda bisa memberikan apel setiap harinya.

Kandungan serat dan air yang ada di dalamnya akan memberikan sensasi kenyang lebih lama. Hal ini dapat menghindarkan si kecil dari kebiasaan makan atau ngemil yang bisa menyebabkan obesitas.

Tingkatkan Kesehatan Tulang

Apel juga mengandung kalsium yang dapat meningkatkan kesehatan tulang, otot, gigi dan sistem saraf bayi. Selain itu, kandungan kaliumnya sendiri diketahui dapat mencegah kerusakan tulang. Bayi dengan tulang yang kuat dan sehat pastinya akan lebih energik dan produktif.

Dukung Perkembangan Kognitif Bayi

Kandungan tembaga di dalam apel diketahui baik untuk mendukung perkembangan kognitif bayi. Rutin mengkonsumsi apel maka bisa membuat bayi Anda memiliki kecerdasan diatas rata-rata dan memiliki keterampilan sosial yang baik.

Tingkatkan Imun Tubuh

Vitamin C yang terkandung pada buah apel memang jumlahnya sedikit, tetapi hal tersebut sudah cukup untuk membantu meningkatkan imun tubuh si kecil. Vitamin C akan melawan radikal bebas dan mikroorganisme dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit.

Tidak hanya itu, vitamin C juga dapat mendukung pembentukan serta perbaikan sel darah merah, juga jaringan tubuh bayi.

REFERENSI

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.