Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Mau MPASI Berkualitas? Ini Dia Pola Menu yang Harus Kamu Ikuti
Menu MPASI
Gambar Menu MPASI

Setelah memasuki umur 6 bulan, bayi memang harus mulai dikenalkan makanan pertamanya. Sebagai orangtua, pasti mom mulai berpikir menu apa ya yang baik untuk MPASI buah hati. Nah, buat mom yang saat ini sedang kebingungan dengan hal ini, maka tidak ada salahnya menyimak rancangan menu MPASI pada ulasan kali ini.

Menunya cukup lengkap dan bervariatif lho mom. Dilansir dari laman hellosehat.com, mulai dari menu sarapan hingga makan malam plus camilan, semuanya tersedia.

Menu Sarapan Lebih Baik Sederhana

Untuk menu sarapan, sebaiknya mom menyiapkan menu yang sederhana saja. Silahkan pilih satu dari beberapa menu pilihan berikut ini ya mom, yakni :

  • ½ mangkuk kecil buah yang sudah dipotong dan dilumatkan
  • ½ mangkuk kecil telur rebus yang sudah dilumatkan
  • Tumbukan tempe kukus yang sedikit dibumbui bawang merah dan bawang putih
  • Brokoli atau kentang rebus yang sedikit diberi minyak kelapa
  • 1 Biskuit utuh sereal gandum khusus untuk bayi yang telah disiram susu

Menu MPASI

Menu Makan Siang Boleh Lebih Berat dari Sarapan

Nah, jika tadi menu sarapan dibuat secara sederhana, kini barulah untuk makan siang, mom bisa memberi makanan yang lebih bervariatif gizinya. Misalnya saja :

  • Campuran 2 sdm sereal bayi dengan 2 sdm buah dan sayuran yang dihaluskan, misalnya ubi manis, mangga, atau kacang polong
  • Nasi tim yang sudah dicampur ikan tuna dan bayam
  • ½ mangkuk kecil berisi sayuran berwarna kuning atau oranye, misalnya labu kuning

Menu Makan Malam yang Bervariatif Sesuai Selera

Sedangkan untuk menu makan malam, mom bisa lho menyiapkan campuran 2 sdm sereal bayi dengan 2 sdm pisang yang sudah dihaluskan. Bisa juga pisang diganti dengan buah lain ya mom. yang juga dihaluskan. Atau jika nanti bayi sudah bosan dengan menu makan malam tersebut, bisa diganti dengan ikan salmon yang sudah dihaluskan. Bisa juga dengan rebusan susu cair yang dicampur kentang dan brokoli tumbuk.

Jangan Lupa Beri Camilan untuk Buah Hati

Setelah menu sarapan sampai makan malam diatas, berikutnya adalah menu camilan. Biasanya, camilan untuk bayi baiknya diberikan dua kali sehari, yakni antara sarapan dan makan siang serta antara makan siang menuju waktu makan malam.

Menu camilan bisa dari buah-buahan segar yang dilumatkan langsung atau bisa juga melalui proses perebusan dahulu. Buah tersebut bisa dicampur dengan yogurt tawar, bisa juga dibuat puree, yakni potongan buah yang telah dicampur ASI dan diblender.

Demikianlah mom ulasan mengenai menu MPASI bervariatif dan pasti menyehatkan untuk buah hati.

 

Referensi:

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi.