Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Banyak Yang Belum Tahu, Ternyata Apel untuk MPASI Harus Dikukus Dahulu Lho!
MPASI Apel
Gambar MPASI Apel

Saat membuat makanan pedamping ASI, pasti mom sering memberikan buah atau sayuran. Selain bergizi, buah dan sayur juga memiliki kaya manfaat dan banyak nutrisi. Salah satunya adalah buah apel. Apel merupakan satu dari sekian buah yang pasti sering mom berikan untuk buah hati.

Saking kayanya manfaat, menurut Caroline Taggart, author ‘An Apple a Day: Old-Fashioned Proverbs and Why They Still Work‘ dalam food.detik.com, apel sudah dipakai sebagai pengobatan tradisional sejak 1.500 tahun silam. Gimana mom, Masih ragu apa apel baik untuk buah hati?

Enak dan Kaya Nutrisi

Selain rasanya yang sudah pasti enak, apel juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi yang tentunya cocok untuk tumbuh kembang buah hati. MPASI Apel merupakan buah rendah sodium dan kalori  dengan serat tinggi.

Di dalam satu buah apel ukuran sedang mengandung berbagai macam vitamin dan mineral. Vitamin dalam apel terdiri dari Vitamin A sebesar 73 IU untuk mencegah penyakit seperti diare dan dan campak, Vitamin C sebesar 9 mg untuk kekebalan sistem imun bayi, Folat sebanyak 4 mcg yang sangat dibutuhkan bayi, dan Vitamin E sebesar 66 IU.

Sedangkan untuk kandungan mineralnya, dalam apel terdapat Kalium sebesar 158 mg, Kalsium sebesar 9,5 mg, Fosfor sebesar 9,5 mg, Magnesium sebesar 7 mg, dan Selenium sebesar 4 mg. selain itu, ada pula mangan, besi, seng, dan tembaga.

MPASI Apel

Sebagai pertimbangan saja misalnya, bayi umur 6-12 bulan membutuhkan kadar vitamin A sebanyak 100.000 IU per 4 bulannya. Vitamin A dinilai sangat berperan penting pada bayi lantaran menurut WHO dilansir dari duniasehat.net, ada 250.000 sampai 500.000 anak yang buta dan separuhya meninggal per tahunnya karena kekurangan vitamin A.

Nah, agar buah hati kita selalu sehat, selalu berikan apel sebagai MPASI. Tapi tahukah mom jika ternyata apel harus dikukus sebelum diberikan untuk bayi usia 6 bulan?

Alasan Mengapa Perlu Dikukus

Meski buah menyehatkan, tapi tidak menutup kemungkinan buah tersebut terdapat kuman atau bakteri yang bisa berbahaya bagi kesehatan buah hati yang masih rentan. Apel sendiri juga sangat rentan dengan serangan mikroba, sehingga penyeterilan diperlukan agar sistem pencernaan bayi tidak terganggu.

Kita tentunya masih ingat kan dengan kasus apel import yang mengandung bakteri Listeria monocytogene yang berbahaya bagi lambung? Nah, ada baiknya untuk mencegah itu, mom dapat mengukus apel yang akan dijadikan MPASI. Hal ini karena beberapa bakteri dapat mati di suhu 100 derajat celcius.

Selain membunuh bakteri, mengukus buah apel dalam keadaan utuh juga dapat berguna untuk menghilangkan zat lilin yang melapisi kulit buah. Zat lilin memang biasanya digunakan beberapa pedagang agar buah jualannya tetap awet dan tidak mudah busuk. Tentunya zat ini sangat berbahaya bagi kesehatan buah hati.

Selain untuk alasan kesehatan, mengukus apel juga berguna untuk mempertahankan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Apel yang dikukus tidak akan mudah berubah warna dan tidak cepat basi. Mengukus apel juga akan melunakkan tekstur dagingnya sehingga mudah dicerna untuk bayi, baik saat di mulut maupun di lambung.

Referensi