Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Rahasia Tentang Bayam, Sayuran Hijau yang Kaya Manfaat untuk Si Buah Hati
MPASI Bayam
Gambar MPASI Bayam

Mom, sebagai orang tua, tentunya kita pasti ingin menjaga kesehatan si kecil dengan baik. Tumbuh kembangnya pasti selalu tidak luput dari perhatian. Salah satu faktor yang selalu dianggap penting dalam tumbuh kembang bayi tentunya adalah asupan nutrisi si kecil.

Dalam memilih asupannya, tentu mom akan menentukan sedemikian rupa, makanan apa sih yang bagus untuk dikonsumsi sang buah hati. Jangan sampai deh bayi kita kekurangan nutrisi dan mengalami gangguan gizi akibat salah atau tidak selektif dalam memilih makanan pendamping ASI.

Nah, salah satu sumber nutrisi yang dianggap aman untuk dikonsumsi bayi adalah sayur bayam. Pasalnya di dalam sayuran hijau tersebut terdapat Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Kalsium, Asam Folat, Fosfor, Zat Besi, dan Mangan. Sayur bayam sendiri memang sudah sejak lama dikenal masyarkat Indonesia sebagai sumber gizi yang banyak manfaat.

Manfaat Sayur Bayam Bagi Kesehatan Bayi

Menurut situs hamil.co.id, bayam merupakan sayuran yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan dalam bayam mengandung berbagai vitamin. Selain itu, bayam juga berguna untuk menjaga kesehatan saraf bayi. Kandungan magnesium di dalamnya lah yang bertugas menjaga konduksi saraf yang penting dalam pengiriman impuls.

Impuls ini juga penting untuk proses perkembangan bayi dalam menangkap stimulasi untuk diolah di otak menjadi impuls saraf. Sebegitu pentingnya magnesium untuk tubuh sampai-sampai zat ini digunakan untuk mengobati epilepsi, kaku otot, hingga iritabilitas saraf. Hebat, ya?

MPASI Bayam

Masih menurut situs hamil.co.id, kandungan Asam Folat pada bayam berguna untuk menjaga fungsi DNA yang yaitu dalam hal perbaikan rantai DNA dan RNA serta proses pembelahan hingga pertumbuhan sel di dalam tubuh bayi. Sementara itu, bayam juga mengandung Vitamin A tinggi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata bayi.

Kandungan serat pada bayam juga bermanfaat mengatasi sembelit. Hal ini nantinya akan memperlancar sistem pencernaan pada bayi dan menurunkan resiko obesitas karena kesalahan pola makan dan kurangnya mengonsumsi serat.

Dan jangan lupa, masih banyak manfaat bayam yang bisa didapat bayi. Salah satunya dari kandungan kalsiumnya. Zat ini dapat membantu pertumbuhan tulang lho mom. Manfaat lain bayam adalah mencegah terjadinya anemia karena kandungan zat besi di dalamnya yang berguna untuk membentuk ikatan heme dan globin dalam tubuh bayi menjadi hemoglobin.

Mudahnya Mengolah Bayam untuk MPASI

Dilansir dari situs popmama.com, mengolah bayam untuk MPASI ternyata cukup mudah lho mom. Cukup jangan terlalu lama dimasak, tunggu sampai bayam layu dan empuk saja. Bayam juga jangan diberi banyak bumbu. Biasanya 200 gram bayam mentah yang diolah akan menjadi sekitar 1 cangkir bayam masak.

Jangan lupa untuk membersihkan bayam terlebih dahulu sebelum dimasak. Selanjutnya, bayam bisa diblender atau ditumbuk hingga bisa dimakan oleh si kecil. Oh iya, jangan lupa… pastikan bayam tidak disajikan dalam keadaan panas agar bayi bisa lekas mengonsumsinya tanpa menunggu lama.

 

Referensi :

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi.