Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Oh Ternyata, Makanan Otak yang Kaya Nutrisi Untuk Bayi ada Dalam Blueberries
MPASI Blueberries
Gambar MPASI Blueberries

Ada beberapa jenis MPASI yang tergolong makanan terbaik untuk sang buah hati. Selain kaya nutrisi, makanan ini juga mengandung vitamin dan mineral yang melimpah lho. Penasaran apa sih jenis makanan ini? Yuk Simak Ulasan berikut ini ya!

Mengenal Blueberries atau Vaccinium Corymbosum

Blueberry atau tanaman yang memiliki nama latin Vaccinium Corymbosum ini merupakan tanaman berbunga yang ukurannya mulai dari 10 cm sampai 4 m. tanaman yang masuk dalam genus Vaccinium dan merupakan bagian dari Cyanococcus ini banyak tumbuh di Amerika Utara.

Buah yang juga tumbuh bersemak ini mempunyai banyak manfaat lho, salah satunya adalah meningkatkan daya ingat jangka pendek.

Selain itu, buah rendah kalori ini juga mengandung vitamin C sekitar 10,8 mg per cangkir blueberry utuh. Menurut situs alodokter.com, vitamin C dalam buah blueberry sudah menyukupi kebutuhan vitamin C harian, yakni sekitar 24 persen. Vitamin C juga berguna untuk antioksidan dan meningkatkan kolagen serta mendukung kesehatan gusi.

Di dalam blueberry juga terdapat serat sebanyak 2,7 g per cangkir utuh. Zat ini tentunya dapat membantu mengontrol kadar gula dan mencegah sembelit. Selain vitamin C dan serat, blueberry juga mengandung banyak mineral seperti zinc, mangan, kalium, tembaga, dan zat besi.

Oleh sebab itu, memberikan blueberry untuk bayi dapat membantu melindungi kesehatan tulang dan risiko mudah patah.

MPASI Blueberries

Dikenal Sebagai Makanan Otak

Buah berwarna biru tua ini ternyata kaya flavonoid yang berasal dari kandungan anthocyanin. Anthocyanin adalah kandungan zat yang berguna untuk menjaga kesehatan mata, saluran kemih, dan juga otak si kecil. Jadi mom, menambahkan blueberry ke dalam list MPASI tentunya dapat membantu buah hati meningkatkan kinerja sel otak yang terdapat di hippocampus.

Bahkan nih dilansir dari liputan6.com, Agricultural Research Service (ARS) melakukan penelitian di tahun 2002 terkait manfaat blueberry ini. Mereka memberi secangkir blueberry pada tikus selama dua bulan penuh dan hasilnya tikus-tikus percobaan tersebut menunjukkan gejal terjadi peningkatan memori. Hebat, bukan?

Nah, untuk mom, jangan ragu lagi ya dalam memberikan blueberry kepada sang buah hati. Mom bisa menyajikannya dalam bentuk jus atau bisa juga memberikannya langsung asal buah tersebut sudah dibersihkan sedemikian rupa demi menjaga kesehatan bayi.

Selain kandungannya yang bernilai tinggi, warnanya yang biru khas tentu memberikan ketertarikan tersendiri kepada si buah hati untuk menyicipi MPASI jenis ini.

Demikianlah mom manfaat dan kandungan blueberry untuk si buah hati. Silahkan mengenalkan makanan ini dan jangan ragu untuk merasakan sejuta manfaat yang dibawanya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya mom!

Referensi: