Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Lebih Dekat Dengan Brokoli, Sayur yang Kaya akan Manfaat untuk Sang Buah Hati
MPASI brokoli
Gambar MPASI brokoli

Memiliki buah hati yang sudah memasuki usia dapat mengkonsumsi MPASI tentunya memberikan hal yang menyenangkan, tapi juga mendebarkan. Bagaimana tidak, seorang bayi tentu tidak dapat diberi makanan sembarang pilih. Sebagai orang tua, kita wajib menyiapkan menu makanan yang terjaga kualitasnya dan juga memberikan gizi terbaik untuk sang buah hati.

Tantangan tersendiri ya mom pastinya untuk membuat buah hati yang mulai makan menyukai aktivitas tersebut. Nah, untuk itu biasanya mom pasti akan memberi makanan yang memang disukai bayi, misalnya saja brokoli. Selain enak dan cocok untuk konsumsi buah hati, tahukah mom jika brokoli memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi?

Kandungan Nutrisi Brokoli

Brokoli mengandung nutrisi nabati yang juga dipercaya mengandung zat anti-kanker. Sayuran hijau tersebut juga dapat mencegah stroke pada orang dewasa jika dikonsumsi rutin. Selain rendah kalori yakni hanya sekitar 43,68 kal, brokoli juga memiliki kandungan vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang sangat tinggi. Di dalam sayuran yang biasanya malah tidak disukai anak-anak usia sekolah tersebut mengandung Protein sebanyak 4.66 gram, Asam lemak omega 3 sebanyak 0,20 gram, Kalsium sebanyak 74,72 mg, dan kandungan-kandungan lainnya.

Vitaminnya pun lumayan bermacam-macam, ada vitamin A, B kompleks, C, E hingga vitamin K. Bahkan nih, menurut informasi yang dilansir situs hamil.co.id, vitamin C brokoli ternyata lebih tinggi dibanding vitamin C jeruk. Maka tidak heran jika sayuran ini sering dijadikan pilihan para mom cerdas dalam menyiasati pemberian gizi kepada buah hati.

MPASI brokoli

Manfaat Brokoli untuk Tumbuh Kembang Buah Hati

Tentunya brokoli pasti memiliki sejuta manfaat jika dipilih sebagai salah satu menu MPASI. Pasti mom bertanya-tanya kan apa aja sih manfaat brokoli?

1. Meningkatkan Fungsi Hati

Seperti yang mom tahu, bayi yang belum genap satu tahun masih memiliki kerja organ tubuh yang belum maksimal. Organ ini masih berkembang seiring dengan masuknya asupan nutrisi ke dalam tubuh untuk tumbuh kembang. Nah, karena brokoli mengandung banyak nutrisi, maka sayuran ini nantinya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh buah hati, terutama dalam meningkatkan kerja hatinya. Bahkan nih, senyawa antikarsinogen dan antioksidan dalam brokoli juga dapat mencegah serangan penyakit lho.

2. Mengurangi Alergi dan Penyakit Perut

Di dalam brokoli mengandung isothiocyanates dan kaempferol yang mana adalah senyawa anti inflamasi nabati. Senyawa tersebut tentunya dapat membantu mengurangi alergi pada bayi. Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan South Dakota State University, brokoli dapat membantu mencegah gejala gangguan perut.

3. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Omega 3 di dalam brokoli tentu berguna untuk meningkatkan kecerdasan otak. Ditambah dengan kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, tak ayal menjadikan brokoli sebagai salah satu primadona MPASI ya mom.

4. Kesehatan tulang

Kandungan kalsiumnya yang setara dengan segelas susu tentu membuat brokoli dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada buah hati. Ditambah lagi hadirnya vitamin K di dalamnya, tentu menjadikan brokoli sebagai salah satu makanan yang wajib disantap buah hati.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat brokoli untuk MPASI. Bagaimana? Sudah mengerti kan mom betapa banyak manfaat dalam sayuran berwarna hijau tersebut?

Referensi