Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Awas, Tidak Semua Buah Dapat Diberikan Mentah Kepada Buah Hati!
MPASI Buah
Gambar MPASI Buah

Mom yang mempunyai bayi memasuki usia 6 bulan pasti sudah mulai bersiap-siap untuk menyapih si kecil. Selain itu, Mom pasti juga sering bertanya-tanya sebenarnya makanan pendamping ASI yang seperti apa sih yang baik untuk sang buah hati?

Kira-kira cocok tidak ya makanan tersebut diberikan kepada anak? Nah, kekhawatiran ini memang sudah wajar kok Mom. Kita bisa menyelesaikannya dengan mencari MPASI apa saja yang baik dan bagaimana sistem pencernaan buah hati dalam menerima asupan makanan pertamanya.

Biasanya nih, makanan yang direbus atau ditumbuk halus adalah makanan yang cocok untuk sang buah hati. Hal ini lantaran tekstur makanan yang dihaluskan tersebut dapat mempermudah bayi dalam menelan asupan pertamanya. Selain itu, menghaluskan makanan juga dapat meminimalisir resiko tersedak. Salah satu makanan yang cocok untuk direbus atau dihaluskan adalah buah-buahan.

Hati-Hati Saat Memberi Buah Mentah

Jika mom bertanya apakah buah aman dikonsumsi, tentu saja jawabannya adalah iya. Tapi yang harusnya menjadi pertanyaan disini adalah bagaimana cara mengonsumsi buah bagi buah hati? Buah memang merupakan MPASI yang dibolehkan menurut dr Frieda Handayani Kawanto SpA(K) dilansir dalam website detik.com.

MPASI Apel

Namun, tidak semua buah dapat diberikan mentah kepada sang buah hati. Pasalnya ada beberapa buah mentah yang tidak mudah dicerna sistem pencernaan si kecil, contohnya apel merah, pir, nanas, jambu biji, hingga aprikot kering.

Selain sulit dicerna lantaran gigi bayi yang memang juga belum ada, buah mentah juga dapat menyebabkan resiko tersedak lantaran dagingnya yang sulit dipotong kecil-kecil. Zat selulosa yang terkandung dalam buah mentah juga dapat dianggap tubuh sebagai limbah lho. Hal ini tentu menjadikan buah semakin sulit dicerna di dalam perut. Tentunya kita tidak mau kan mom bayi kita mengalami diare?

Merebus Buah Memberikan Banyak Manfaat

Nah, salah satu trik cerdas agar buah dapat dikonsumsi buah hati adalah dengan memasak alias mengukusnya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk merusak zat selulosa dalam buah mentah itu sendiri. Tapi mom, tidak semua buah juga perlu direbus lho.

Sebenarnya teknik merebus buah ini hanya dikhususkan untuk buah-buah berdaging keras saja yang sulit dicerna bayi. Ada beberapa buah yang dalam memberikannya dapat hanya dengan ditumbuk mentah saja, misalnya pepaya, pisang, anggur, hingga delima.

Jika mom masih takut apa bayi anda bisa mencerna buah mentah atau tidak, ada salah satu trik mudah yang dapat digunakan menganalisanya lho. Parut saja buah mentah yang akan diberikan, misalnya apel, dan suapkan sedikit saja kepada buah hati.

Jika setelah memakannya buah hati anda menunjukkan tanda-tanda gangguan pencernaan, maka segera hentikan. Hal tersebut menandakan jika hanya MPASI buah yang dikusus saja yang dapat diberikan kepada bayi anda agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Referensi