Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Harus Baca! 4 Jenis Buah dan Sayur yang Perlu Dimasak Dulu untuk MPASI
MPASI Buah Sayur
Gambar MPASI Buah Sayur

Ketika tiba waktu memberi bayi makanan pendamping ASI, tentunya momen tersebut menjadi antusias dan juga kekhawatiran tersendiri bagi orang tua. Antusias pasti dirasakan ketika menyaksikan bayi kesayangan kita akan mulai memakan makanan pertamanya.

Tapi tidak bisa dipungkiri, rasa khawatir akan muncul ketika kita memikirkan menu apa sih yang bagus untuk MPASI, kandungan nutrisi seperti apa yang ada dalam makanan tersebut, dan buah serta sayur mana yang baik bagi tumbuh kembang bayi.

Tenang, mom. Semuanya bisa diatasi dengan menyimak ulasan berikut ini. Sebenarnya memberi MPASI pada bayi tidak serta-merta langsung makanan padat lho. Mom harus memberinya makanan lembut terlebih dahulu agar si kecil tidak kaget menghadapi asupan  makanan pertamanya.

Setelah itu, mom pilih makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral seperti buah dan sayuran. Tapi harap teliti ya mom, soalnya dilansir dari kumparan.com, ada beberapa jenis buah dan sayur yang ternyata perlu dimasak dahulu sebelum diberikan sebagai MPASI. Nah, buah dan sayur apa sajakah itu?

Rebus Apel untuk Menyeterilkan Kuman

Mom, sebelum memberi  puree apel untuk si kecil, kita bisa mengukus atau merebusnya dulu ya. Barulah setelah direbus, apel dihaluskan dan dicampur dengan susu. Hal ini tentunya berguna untuk mencegah bayi mengalami ganggaun pencernaan.

Selain itu, merebus apel bisa menyeterilkan apel dari berbagai ancaman penyakit, seperti virus, kuman, atau bakteri. Saat merebusnya, kupas terlebih dahulu kulit apel agar zat lilin yang ada di permukaan kulitnya tidak tercampur ke dalam air rebusan.

MPASI Buah Sayur

Tidak Hanya Apel, Pir Juga Perlu Dikukus

Sama seperti apel, pir juga perlu dikukus dulu sebelum disantap si kecil. Selain berguna untuk mencegah bayi terkena gangguan pencernaan, mengukus pir bisa untuk memecah kandungan gula alami dan serat yang ada di dalam pada buah pir. Sebelum dikukus, kupas terlebih dahulu kulit buah. Hal ini dikarenakan tekstur lapisan bawah kulit buah pir berpasir dan kurang halus jika ditelan bayi.

Meski Lunak, Tomat Nyatanya Perlu Dikukus

Jangan salah ya mom, meski teksturnya lembut dan lunak, ternyata tomat perlu dimasak lebih dahulu lho. Hal ini berguna untuk meningkatkan jumlah likopen yang dikandung tomat agar antioksidannya bekerja lebih baik untuk si kecil.

Buncis Bisa Jadi Alternatif Finger Food

Finger food biasanya diberikan kepada bayi berusia di atas 9 bulan. Buncis biasanya akan dipotong kecil-kecil baru kemudian dikukus. Jangan lupa menghilangkan serat yang ada di luar sisi kulitnya.  Tapi harap diingat ya mom, buncis baru bisa diberikan ketika bayi sudah mulai memakan makanan bertekstur padat.

Demikianlah ulasan mengenai buah dan sayuran apa saja yang harus dikukus untuk MPASI. Semoga bermanfaat.

Referensi