Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Ini Dia 3 Jenis Bubur Sehat yang Cocok untuk Bayi Anda
MPASI Bubur Bayi
Gambar MPASI Bubur Bayi

Bubur pasti menjadi salah satu makanan yang mom berikan kepada buah hati sebagai MPASI. Tapi tahukah mom jika tidak sedikit para orang tua yang masih kebingungan dalam menentukan jenis bubur apa sih yang baik untuk buah hati?

Nah, untuk itu, tidak ada salahnya lho mom menyimak ulasan berikut ini. Selain menambah pengetahuan tentang MPASI, mom juga bisa mengaplikasikan menu lezat untuk sang buah hati.

Bubur Susu yang Encer dan Lezat

Ini dia salah satu jenis bubur yang paling banyak disarankan untuk bayi sebagai MPASI pertama kali. Jenis asupan ini berupa makanan padat yang tentunya selain memiliki rasa yang lezat, teksturnya juga encer dan dapat membuat bayi beradaptasi lebih cepat. Cara membuat bubur susu ini cukup mudah.

Dilansir dari website bidanku.com, cara membuatnya yaitu dengan menyampurkan tepung beras 1 sdm dengan 200 ml susu formula. Larutkan keduanya dan biarkan tercampur merata hingga teksturnya berubah kental sesuai selera. Setelahnya mom sudah bisa memasak makanan ini hingga mendidih dan siap disantap. Mudah, bukan?

MPASI Bubur Bayi

Bubur Susu Kentang Juga Sering Menjadi Pilihan

Selain bubur susu, terdapat variasi dari jenis makanan tersebut dengan menambahkan kentang. Sajian ini tentu sangat cocok untuk bayi usia 6 bulan. Menambahkan kentang juga membuat bayi tidak mudah bosan dengan bubur lho. Masih dilansir dari website bidanku.com, cara membuat makanan bayi ini adalah dengan mengukus 50 gram kentang yang telah dipotong kecil-kecil.

Campurkan kentang ini dengan susu formula lalu haluskan sampai lembut. Setelah semuanya tercampur rata, masukkan kembali sebagian sisa susu formula dan rebus bubur sampai siap disajikan. Hmmm, pasti menggugah selera buah hati anda ya?

Bubur Sayur Bayi yang Menyehatkan

Bayi usia 6 bulan juga perlu lho mom mengonsumsi berbagai macam sayuran agar kesehatan tubuhnya selalu terjaga. Selain itu, sayuran juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Maka dari itu, membuat variasi makanan jenis ini sangat penting mom untuk buah hati. Nah, salah satu caranya adalah menyampurkannya bersama bubur. Dilansir dari website perawatanbayi.com, cara membuat bubur sayur ini sangat mudah.

MPASI brokoli

Mom hanya perlu siapkan 50 gram brokoli atau sayuran lain yang sudah dikukus dan campurkan dengan 5 sdm susu bubuk formula, bisa juga ASI. Setelahnya, campur dan haluskan kedua bahan tersebut menggunakan blender hingga teraduk merata. Setelahnya, rebus hingga mengental dan makanan pendamping ASI yang variatif dan menyehatkan ini sudah siap disajikan.

Bagaimana mom? Menarik bukan resep-resep diatas? Hmm, pastinya wajib dicoba ya. Selamat memberikan MPASI terbaik untuk buah hati ya mom!

Referensi