Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Moms Jangan Dibuang! Ternyata Kulit Kentang Juga Bermanfaat Lho Buat Si Kecil
MPASI Kentang
Gambar MPASI Kentang

Makanan Pendamping ASI memang penting diberikan ketika bayi sudah menginjak usia 6 bulan. Selain berguna memenuhi asupan gizi si kecil, MPASI juga bermanfaat untuk melatih sistem pencernaan bayi dalam masa pertumbuhan.

Salah satu makanan yang sering dijadikan pilihan baik untuk MPASI adalah kentang. Selain kaya karbohidrat, bahan makanan satu ini juga kaya gizi lho. Tidak percaya?

Manfaat Kentang untuk MPASI

Dilansir dari kumparan.com, kentang ternyata mengandung banyak vitamin dan mineral yang tidak hanya pada daging, tapi juga pada kulitnya.

Maka dari itu, memasak kentang yang baik adalah dengan tidak mengupas kulitnya saat direbus. Hal ini berguna untuk membuat kandungan vitamin dan mineral di dalamnya tetap terjaga.

Di dalam satu buah kentang, mengandung Vitamin C, Vitamin B6, Mangan, Kalium, Fosfor, Magnesium, Folat, hingga Niasin. Sebagai perbandingan, dalam 173 gram kentang terdapat 0.2 gram lemak, 4.3 gram protein, 36.6 gram karbohidrat, serta 3.8 gram serat.

Selain itu, kentang juga mengandung Flavonoid, Asam Fenolik, dan Karotenoid yang berguna sebagai antioksidan. Senyawa-senyawa ini juga bisa menetralkan molekul berbahaya yang timbul akibat radiasi bebas.

MPASI Kentang

Tahu tidak mom jika mengonsumsi kentang secara rutin dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh bayi?

Hal ini terjadi karena kentang mengandung pati resisten yang nantinya akan dipecah dan terserap oleh tubuh sehingga menjadi sumber nutrisi yang sangat menguntungkan bagi kesehatan bayi. Selain itu, pati dalam kentang ini juga mengandung serat yang tentunya dapat memperlancar pencernaan si kecil.

Selain zat pati, kentang juga mengandung gula alkalin yang baik untuk kesehatan gastrointestinal. Gula ini bermanfaat untuk menurunkan kadar asam di dalam tubuh.

Pasalnya dalam beberapa kasus, bayi memang rentan dengan tingkat keasaman. Kentang juga dapat mencegah adanya fermentasi di dalam usus sehingga meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang berguna untuk kesehatan pencernaan si kecil.

Cara Mengonsumsi Kentang untuk Buah Hati

Kentang memang merupakan makanan yang dapat dicerna bayi dengan mudah. Namun pada beberapa kasus, kentang ternyata menyebabkan gas sehingga ada baiknya mom memberikan puree kentang dua kali dalam seminggu saja.

Meski kentang tidak menyebabkan sembelit, tapi tidak bagus juga memberi kentang setiap hari untuk menu buah hati.

Untuk cara mengolahnya, mom bisa mengukus atau merebus terlebih dulu kentang tanpa mengupas kulitnya. Setelah itu, lumatkan kentang sampai halus. Untuk menambah selera makan si kecil, mom bisa menambahkan keju parut.

Bisa juga dengan mencoba olahan makanan lain seperti sup kentang campur bayam atau kroket kentang. Tentunya tekstur dan gizi diusahakan sesuai dengan usia bayi ya mom.

Referensi