Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Miju-Miju, Kacang yang sangat Kaya untuk Nutrisi Bayi
MPASI Miju-Miju
Gambar MPASI Miju-Miju

Mom, tahukah jika otak bayi ternyata sudah mulai terbentuk sejak 3 minggu setelah pembuahannya? Begitu cepatnya otak diciptakan Tuhan sehingga tentunya perkembangan otak harus dipikirkan dengan baik, bukan? Mulai sejak dalam kandungan hingga bayi lahir ke dunia, tentunya sebagai orang tua, kita ingin memberikan nutrisi yang terbaik untuk sang buah hati.

Nah, menginjak usia bayi yang akan melalui makanan pertamanya, menyiapkan MPASI juga menjadi salah satu cara mom concern terhadap perkembangan otak lho. Selain untuk memenuhi nutrisi, memikirkan makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh bayi tentunya juga turut membantu menjaga kesehatan anak.

Untuk itu, silahkan simak tentang salah satu makanan terbaik untuk mengisi nutrisi buah hati. Check this out!

Mengenal Kacang Lentil

Kacang lentil atau yang oleh sebagian besar orang dikenal dengan nama miju-miju ini merupakan sejenis kacang lunak yang biasanya dijual dalam bentuk kering. Selain itu, kacang lentil tidak selayaknya kacang jenis lain yang harus direndam dulu sebelum dimasak. Untuk memasak kacang ini, mom tidak perlu merendamnya ya. Bahkan, mom bisa langsung memasaknya di kompor atau bisa juga lho menggunakan slow cooker.

MPASI Miju-Miju

Jika dilihat sekilas, kacang lentil hampir mirip dengan kacang hijau. Yang membedakan hanyalah warna diantara kedua kacang ini. Kacang hijau berwarna hijau, sedangkan kacang lentil bisa berwarna kecoklatan dan hijau. Salah satu jenis kacang-kacangan ini memang sangat berkhasiat untuk buah hati. Maka tidak heran mom jika kacang lentil menjadi satu jenis MPASI terbaik.

Kandungan Nutrisi Kacang Lentil

Salah satu kandungan nutrisi kacang lentil adalah seratnya yang tinggi. Dilansir dari motherandbaby.co.id, kacang ini juga mengandung zat besi yang tinggi. Zat ini berguna untuk membentuk myelin yang berguna dalam proses pengiriman pesan ke otak secara cepat dan akurat.

Seperti yang mom tahu, kekurangan zat besi ternyata dapat menyebabkan terjadinya gangguan mental pada anak lho. Itulah sebabnya mengapa ibu hamil sangat membutuhkan zat besi sekitar 14,8 mg per harinya. Selain zat besi dan serat, kacang lentil juga mengandung protein dan vitamin C yang tinggi.

Cara Memasak Kacang Lentil Bagi Bayi

Jika mom khawatir bagaimana mengolah kacang lentil agar menjadi hidangan MPASI yang baik untuk bayi, jangan khawatir! pasalnya ulasan ini akan menjelaskan bagaimana sih cara memasak kacang lentil yang benar. Yang perlu diingat, meski kacang ini tidak perlu direndam, tapi tidak ada salahnya merendamnya selama 12 jam agar teksturnya lembut dan empuk untuk dikonsumsi buah hati. Atau mom bisa langsung merebusnya hingga empuk kemudian dapat memblendernya agar lumer dan cocok disantap bayi.

Demikian ulasan kali ini. Semoga bermanfaat ya mom!

Referensi