Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Wajib Tahu, Selain Vitamin A MPASI Pepaya Juga Kaya Akan Vitamin Ini Untuk Tumbuh Kembang Bayi
MPASI Pepaya
Gambar MPASI Pepaya

Pepaya merupakan salah satu jenis buah tropis yang bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Berbicara tentang buah pepaya memang tak bisa terlepas dari berbagai kandungan nutrisi maupun mineral. Namun yang paling menonjol dari buah yang satu ini adalah kandungan Vitamin A yang sangat bagus untuk kesehatan mata.

Tentu saja berbagai kandungan dari buah pepaya tidak hanya bagus untuk orang dewasa melainkan juga untuk bayi sebagai bahan MPASI.

Nutrisi MPASI Pepaya Untuk Bayi

Bagi para orang tua sebaiknya tak perlu khawatir untuk memberikan MPASI pada bayi berusia 6 bulan. Sebab pepaya memiliki kandungan serat yang baik untuk perut bayi karena kondisi seratnya yang tipis. Namun bagi bayi yang perutnya sensitif maka penyajian pepaya untuk MPASI bisa dengan dikukus terlebih dahulu.

Memberikan MPASI pepaya pada bayi memang tidaklah sulit karena cukup dengan memilih buah yang paling matang atau daging buah berwarna orange dan kemerahan. Tahukah anda bahwa dalam buah pepaya yang matang terdapat banyak kandungan vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C dan Vitamin K serta mineral seperti folat, potasium, fosfor, magnesium, kalsium, zat besi dan sodium.

Mungkin selama ini banyak yang beranggapan bahwa kandungan Vitamin A saja yang paling tinggi dan membuat pepaya unggul dibandingkan jenis buah lainnya. Padahal pepaya juga memiliki kandungan Vitamin C yang terbukti melebihi kandungan Vitamin C dalam buah jeruk.

MPASI Pepaya

Berdasarkan hasil penelitian The Center for Science in the Public Interest (CSPI) di Washington Amerika Serikat diketahui bahwa dalam 100 gram buah pepaya terdapat 78 mg Vitamin C. Sedangkan melansir dari pekanbaru.tribunnews.com  diketahui bahwa dalam satu buah jeruk hanya mengandung 45 mg Vitamin C saja.

Tidak disangka ternyata buah jeruk yang selama ini dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan Vitamin C masih kalah tinggi dengan kandungan Vitamin C dalam buah pepaya. Dengan kandungan Vitamin C tersebut maka buah pepaya sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C bayi dan terbukti aman untuk sistem pencernaan bayi.

Vitamin C Untuk Bayi

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh dr.Witri Ardini, M.Gizi, SpGk diketahui bahwa dalam sehari bayi yang berusia 0-6 bulan membutuhkan sekitar 40 mg vitamin C. Sedangkan untuk bayi berusia 6-12 bulan membutuhkan 50 mg vitamin C perharinya.

Vitamin C yang masuk ke dalam tubuh berperan penting untuk pembentukan kolagen, penyembuhan luka, sistem imunitas tubuh, dan penyembuhan luka.

Sebetulnya kebutuhan vitamin C pada bayi di usia 0-6 bulan bisa terpenuhi dari ASI ibunya. Namun ketika bayi mulai mengenal makanan padat maka dibutuhkan tambahan asupan vitamin C dari buah dan sayur. Salah satu bahan makanan yang kaya akan vitamin C dan aman untuk pencernaan bayi adalah pepaya.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C bayi usia 6-12 dalam sehari sebanyak 50 mg maka anda bisa memberikan sekitar 80 gram pepaya matang sebagai bahan MPASI. Kebutuhan Vitamin C seorang bayi akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Tentunya ketika bayi sudah memasuki masa kanak-kanak maka jumlah buah pepaya yang perlu dikonsumsi juga lebih banyak. Namun tak perlu khawatir karena kandungan nutrisi dan mineral dalam buah pepaya sangat aman untuk tubuh meskipun dikonsumsi dalam jumlah melebihi anjuran.

 

Referensi: