Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Wah, Ternyata Semangka Menyimpan Sejuta Manfaat untuk Buah Hati
MPASI Semangka
Gambar MPASI Semangka

Buah memang baik bagi kesehatan. Tapi ternyata mom, kita tidak boleh asal-asalan dalam memberikan buah bagi buah hati lho. Paling tidak kita harus tahu nih apa kandungan nutrisi dan manfaatnya bagi bayi. Nah, salah satu buah yang recommended untuk MPASI adalah semangka.

Menurut website alodokter.com, buah semangka kaya akan vitamin, kalium, dan air. Selain itu, menyantap semangka kala terik tentu menyegarkan dan dapat mencegah dehidrasi. Hal ini lantaran semangka mengandung 91% air lho.

Tentunya juga sangat baik untuk kesehatan ginjal. Buah yang berasal dari Afrika Selatan ini sangat pas jika disantap bayi hingga orang dewasa lantaran rasa manis dan teksturnya yang lembut.

Kandungan Nutrisi Buah Semangka

Dalam satu buah semangka, mengandung Vitamin A, B6, C, kalium, folat, karotenoid, dan niacin. Kandungan-kandungan tersebut mempunyai banyak manfaat, misalnya Karotenoid. Salah satu antioksidan alami berserat tinggi tersebut merupakan pelawan radikal bebas dan juga berguna untuk mencegah penuaan dini lho mom.

Bahkan nih, semangka juga termasuk buah yang rendah kalori. Dari 100 gram semangka, kalori yang dikandung hanya sekitar 30 kal saja lho. Jadi tidak ada lemaknya mom!

Dilansir dari website id.theasianparent.com, warna merah pada semangka ternyata tidak sekedar warna saja, melainkan kaya dengan lycopene yang berguna untuk melindungi bayi dari serangan kanker usus besar, arthiritis, kolerektal, dan gangguan paru-paru.

MPASI Semangka

Saran Penyajian Semangka yang Cocok untuk MPASI

Biasanya, bayi baru boleh menyantap semangka ketika sudah menginjak usia minimal 6 bulan. Karena mengandung air dan gula yang tinggi, sebaiknya semangka untuk MPASI di jus dan ditaruh dalam gelas. Sebelum di jus, cuci semangka dengan benar agar bakteri-bakteri dapat hilang.

Hal ini untuk mencegah hal yang tidak diinginkan karena sistem pencernaan bayi yang masih sensitif, terlebih lagi mengonsumsi jus segar. Tidak hanya menjaga kebersihan semangka, menjaga kebersihan alat-alat makan bayi juga sangat penting lho mom.

Untuk MPASI dari semangka ada baiknya diminum sekali waktu dan jangan sampai disimpan lalu diminum kembali. Hal ini juga berlaku untuk buah-buah lainnya. Meminum jus yang telah terkontaminasi oksigen lumayan lama dapat membahayakan kesehatan lho. Pasalnya vitamin di dalam jus sudah rusak dan malah jika dikonsumsi bisa menyebabkan bayi kita diare. Tentu kita tidak mau kan, mom?

Sekedar informasi, semangka yang paling baik adalah semangka yang diletakkan dalam suhu ruangan. Pasalnya di dalam suhu tersebut, kandungan likopen dan beta karoten dalam semangka bisa meningkat mom.

Bahkan menurut penelitian yang dilansir dari website alodokter.com, kadar likopen semangka dalam suhu ruang bisa meningkat hingga 40%. Sementara kadar beta karoten lebih banyak lagi peningkatannya, yakni 139%.

Bagaimana mom? Sudah siap memberi MPASI dari semangka?

 

Referensi:

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi.