Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Patut Disimak, Cegah Bayi dari Serangan Radikal Bebas Ternyata Bisa Melalui Buah ini
MPASI Tomat
Gambar MPASI Tomat

Bayi memang masih sangat rentan terkena serangan berbagai penyakit, apalagi jika kita sebagai orang tua tidak berhati-hati menjaga kesehatan sang buah hati. Tapi meski mom sudah berusaha menyeleksi semua bibit penyakit di sekitar bayi, sejatinya yang namanya kuman, bakteri, dan virus akan selalu ada.

Jadi salah satu langkah preventif yang baik adalah dengan meningkatkan sistem imun tubuh dan memberi asupan makanan dengan antioksidan tinggi untuk si kecil.

Kira-kira makanan pendamping ASI apa ya yang memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit? Nah, salah satu jawabannya ada di tomat mom. Tidak percaya?

Mengenal Fakta Unik Tomat, Buah yang Dikira Sayuran

Tomat merupakan salah satu jenis buah yang diduga dari Peru dan sudah dikonsumsi oleh Suku Aztec dan Suku Maya sejak jaman dahulu. Namun orang-orang Eropa di abad 16 hingga 18 takut mencoba tomat lantaran dianggap beracun. Barulah pada tahun 1860-an, tomat mulai dikonsumsi hingga kini.

Ada satu fakta unik tomat yang sering salah diduga orang, yaitu seringnya tomat dikira sebagai sayuran. Menurut biografi tomat karya Morganelli yang dilansir dari situs makananbayi-sehat.com, tomat sebenarnya tergolong buah lho mom.

MPASI Tomat

Manfaat Tomat untuk Bayi

Buah yang gampang dijumpai di pasar ini mengandung vitamin dan antioksidan yang tinggi serta bagus untuk bayi. Berbagai vitamin dan mineral dikandung buah satu ini sehingga menjadikannya sebagai salah satu penyuplai vitamin A dan pemerkuat sistem kekebalan tubuh yang baik.

Menurut database Gizi Nasional dari Departemen Pertanian Amerika Serikat yang dilansir situs makananbayi-sehat.com, di dalam 100 gram tomat mengandung vitamin A sebanyak 1496 IU dan vitamin C sebanyak 16 mg.

Selain itu, ada pula Kalium sebanyak 212 mg, Kalsium sebanyak 5 mg, protein sebanyak 1,16 gram, hingga Asam Folat sebanyak 29 ug serta masih banyak vitamin dan mineral lainnya yang sangat bermanfaat untuk antioksidan.

Vitamin A dalam tomat didapat dari warna merah buahnya yang sejatinya mengandung alfakaroten dan betakaroten. Karotenoid ini sangat berguna untuk tumbuh kembang mata bayi lho mom. Selain menjadi sumber karotenoid, tomat dapat mencegah kerusakan sel dan DNA pada bayi melalui kandungan antioksidannya. Kalsium pada tomat juga berguna untuk memperkuat tulang.

Salah satu kehebatan tomat yang jarang dimiliki buah lain adalah kandungan vitamin C yang mencapai 47%. Rutin mengonsumsi tomat setiap hari sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh bayi serta membantu mengurangi toksisitas akibat timbal. Bagaimana mom? Sangat kaya manfaat ya?

 

Referensi:

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi.