Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Jangan Sembarangan, Kenali Pola Makan MPASI Yang Baik!
Pola Makan MPASI
Gambar Pola Makan MPASI

Berbicara tentang makanan pendamping ASI untuk bayi, mom hendaknya memberikannya dengan tidak sembarangan. Seorang mom haruslah selektif dalam memutuskan makanan jenis apa yang baik untuk si kecil.

Makanan bayi yang sehat tentunya harus mengandung gizi yang tinggi dan mencukupi kebutuhan nutrisi. Tapi biasanya ada hal-hal yang salah yang mom berikan. Apa aja sih mom kira-kira hal yang seharusnya dipatuhi dalam memberikan MPASI? Yuk simak ulasan berikut ini!

Jangan Memberikan Secara Langsung

Meski mom antusias dalam menyambut makanan pertama sang buah hati, tapi hati-hati jangan sampai membuat mom tidak memberikannya secara bertahap. Tahapan ini diperlukan untuk menjaga agar bayi terbiasa dengan makanannya dan berguna pula untuk mencegah sistem percernaannya terganggu.

Menurut situs bidanku.com, terdapat 3 tahapan dalam memberikan MPASI, yakni mulai dari tekstur cair, kental hingga nantinya tiba makanan padat. Jadi mom, hindari memberi makanan baru pada bayi secara bertubi-tubi di waktu yang sama. Selain untuk menghindari keterkejutan bayi, memberi MPASI secara bertahap dapat membantu mengetahui adanya alergen sehingga mencegah munculnya alergi.

Pola Makan MPASI

Jangan Berikan Makanan yang Berbeda Dalam Waktu 3 Hari

Selain memberinya secara bertahap, memberi makanan yang sama dalam kurun waktu tertentu juga berguna untuk menjaga keterkejutan bayi dari MPASI. Salah satu cara yang tepat adalah dengan memberikan makanan yang sama sekitar 3 hari lamanya.

Setelah 3 hari, barulah mom bisa membuat variasi selama 3 hari dan begitu seterusnya. Menurut situs bidanku.com, cara tersebut juga berguna untuk mendeteksi alergen.

Ini ada perdebatan yang berhubungan dengan soal pemberian makanan yang sama dalam 3 hari yaitu persoalan MPASI tunggal dan 4 bintang. Baca juga ya karena sangat penting!

Kandungan Nutrisi yang Diperlukan Harus Terpenuhi

Selain mengatur pola makan, dalam memberi MPASI harus setidaknya mempertimbangkan kandungan nutrisinya. Ragam nutrisi yang dibutuhkan biasanya adalah folat, zat besi, seng, dan berbagai vitamin serta mineral lain. Selain itu, ada baiknya memilih makanan non pengawet ya mom. Hal ini selain menjaga kebersihan, juga untuk menjaga kesehatan bayi.

Nah, agar kandungan nutrisi tersebut benar-benar dapat dirasakan bayi, ada cara tersendiri lho mom. Dilansir dari situs nakita.grid.id, menurut Pritasari, SKM., MSc., yang merupakan seorang dosen di Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Jakarta II, ternyata masih banyak mom yang salah dalam menyampurkan makanan yang diberikan untuk si kecil.

Misalnya saja dalam membuat bubur sayur hati ayam. Biasanya mom akan menyampur langsung bubur, hati ayam, dan juga sayuran secara bersama-sama.

Padahal yang baik, sayur ternyata harus diolah sendiri, sedangkan beras untuk bubur boleh dicampur langsung dengan hati ayam. Setelah sayur matang, baru sayur dilumatkan dan bisa dicampur dengan bubur hati ayam.

Perlu diingat, sayur dan bubur ini disajikan dalam keadaan hangat dan sekali masak saja ya. Jangan sampai dihangatkan karena nanti gizinya justru akan terbuang.

Referensi