Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI

5 Suara Yang Membuat Bayi Senang dan Bahagia

the happy baby
Gambar the happy baby

Apa suara yang bisa membuat bayi senang dan bahagia? Ada 5 suara utama yang dimasukkan sebuah lagu bernama “The Happy Song”. Lagu ini dibuat oleh Caspar Addyman dan Lauren Stewart atas permintaan perusahaan pembuat makanan bayi di Inggris yaitu Cow & Gate. Perusahaan tersebut meminta Addyman dan Stewart untuk membuat lagu yang terbukti secara ilmiah dapat membuat bayi merasa senang dan bahagia.

Siapakah Caspar Addyman?

Caspar Addyman adalah seorang pengajar jurusan psikologi di Goldsmiths University of London. Secara spesifik, Addyman mengarahkan ketertarikannya pada psikologi anak terutama bayi. Foto Addyman di bawah ini diambil dari halaman profilnya.

foto Caspar Addyman

Addyman memiliki gelar PhD dalam bidang psikologi dan cukup dikenal dalam dunia riset. Addyman pernah beberapa kali menjadi project consultant di perusahaan FMCG besar dunia yaitu Procter & Gamble (P&G).

Siapakah Lauren Stewart?

Berbeda dengan Addyman, Stewart adalah seorang profesor pada bidang musik di universitas yang sama dengan tempat Addyman mengajar yaitu Goldsmiths University of London.

Stewart mengajar tentang korelasi antara musik, pikiran, dan otak secara umum, bukan khusus untuk bayi. Namun, dikarenakan mengajar di jurusan psikologi seperti Addyman, Stewart diminta Cow & Gate bersama-sama dengan Addyman menganalisis musik yang cocok untuk membuat bayi senang.

Foto Lauren Stewart di atas diambil dari halaman profilnya di situs Goldsmiths University of London.

5 Suara Penting

Penasaran dengan suara apa yang membuat bayi senang dan bahagia? Berikut ini suaranya!

Suara Boo!


Dalam bahasa Indonesia suara ‘Boo!’ ini diterjemahkan sebaga ‘ba!’ ketika kita sedang bermain “cilukba!” dengan bayi. Kata lengkapnya dari ‘Boo!’ ini adalah ‘Peek-a-boo!’ atau ‘Cilukba!’ Tampaknya suara ini sudah lazim dimainkan oleh para orang tua atau siapa pun yang sedang bermain-main dengan bayi. Namun, tidak semua menyadari bahwa ini adalah salah satu suara dan cara membuat bayi senang.

Suara Raspberries

Suara raspberries ini dalam dalam prakteknya adalah suara yang dikeluarkan ketika bayi menyemburkan makanan yang sedang dikunyahnya. Orang dewasa juga bisa menirukan suara raspberry, dan biasanya digunakan untuk meledek orang. Caranya keluarkan lidah, apit lidah dengan kedua bibir, lalu tiup atau semburkan. Jadi seperti Donald Duck yang sedang meledek musuhnya. Hayo, lagi dipraktekkin ya!

Suara Bersin

Agak tidak masuk akal kenapa suara bersin disukai oleh bayi. Mungkin ekspresi orang ketika bersin dianggap lucu oleh bayi?

Suara Binatang

Ya, bayi menyukai suara binatang karena binatang memiliki suara unik yang tidak dimiliki oleh manusia sehingga bayi lebih penasaran. Selain itu suara binatang terdengar lebih konstan dibanding suara manusia yang di dalamnya mengandung kata-kata yang belum bisa dipahami oleh bayi.

Suara binatang apa yang disukai bayi? Biasanya suara mamalia seperti anjing, kucing, lumba-lumba, babi, kambing, dan sapi.

Suara Bayi Tertawa

Pernah mengalami ketika bayi orang lain menangis anak Anda juga ikut menangis? Bayi juga suka mengikuti perilaku sebayanya. Oleh karena itu, ketika bayi lain tertawa senang maka bayi Anda juga ikut senang.

Suara bayi ini bagaikan pedang bermata dua. Kalau ada satu suara bayi menangis maka akan terjadi ledakan tangisan bayi-bayi yang lain, tapi kalau tertawa maka akan tertawa juga. Apa yang harus dilakukan? Jauhkan bayi Anda dari tangisan bayi lain, lalu tirukan salah satu dari suara di atas entah itu suara raspberries, bersin, ‘ba!’, atau binatang.

5 Suara Menjadi Sebuah Lagu

Ketika kelima suara tersebut dimasukkan ke dalam sebuah lagu dan diperdengarkan kepada sekelompok bayi, terlihat bayi-bayi tersebut menjadi lebih senang dibandingkan dengan keadaan sebelumnya. Berikut ini adalah lagu “The Happy Song” karya Addyman dan Stewart untuk membuat bayi senang dan bahagia. Enjoy!