3 Cara Menghilangkan Baby Blues

wajah ibu baby blues
Gambar Wajah Ibu Baby Blues

Sekitar 40-80 persen perempuan yang baru melahirkan dan baru saja menjadi seorang ibu akan mengalami baby blues. Apa itu baby blues? Keadaan baby blues adalah ketika seorang ibu yang baru melahirkan merasakan perasaan yang tidak jelas dan cenderung negatif. Dalam bahasa anak muda zaman sekarang baby blues dapat dikatakan sama dengan galau. Kegalauan seorang perempuan yang baru saja melahirkan dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu sebagai berikut.

  1. Perubahan hormon yang begitu drastis;
  2. Kelelahan pasca melahirkan; dan
  3. Kecemasan tentang hal-hal pasca melahirkan seperti takut tidak bisa menjadi ibu yang baik, takut terhadap tanggung jawab baru, dan merasa masa muda yang bebas telah sirna.

Ketiga hal diatas adalah penyebab paling dominan timbulnya baby blues. Apabila ketiga penyebab baby blues tidak diatasi dengan baik, maka akan menimbulkan kerugian psikis bagi pengidapnya dan kerugian fisik bagi bayinya. Pada beberapa kejadian adanya baby blues dapat mengakibatkan ASI tidak keluar banyak sehingga bayi tidak mendapatkan asupan ASI yang seharusnya. Lalu bagaimana cara menghilangkan baby blues?

Dukungan Dari Orang Terdekat

Dukungan moral dari orang terdekat seperti suami, teman baik, ayah, ibu, kakak, adik, dan saudara adalah hal yang paling penting untuk menghilangkan baby blues. Dengan melihat keceriaan mereka terhadap hadirnya anggota baru dalam keluarga dalam hal ini bayi, seorang ibu akan merasa bahwa memiliki anak adalah suatu hal yang membawa orang-orang yang disayangi berkumpul dalam suatu momen, dan ini jarang terjadi dan ini memberikan semangat baru dalam kehidupan.

Mereka yang sudah memiliki anak dan orang yang lebih tua pasti akan memberikan nasihat dan cerita tentang pengalaman mereka. Nasihat dan cerita mereka pasti akan sangat memberikan wawasan yang luas tentang mengurus anak dan memberikan rasa percaya diri untuk mengurus anak. Oleh karenanya, dukungan moral dari orang terdekat adalah hal yang penting dalam menghilangkan baby blues.

Selalu Berpikir Positif

Setelah mendapat dukungan moral, nasihat, dan cerita dari orang terdekat, hal yang penting selanjutnya adalah menjaga agar dukungan tersebut tidak jatuh dalam lubang keraguan. Misalnya, ada nasihat dengan adanya anak pasti hidup akan lebih bahagia, dengan keraguan seorang ibu akan berpikir seperti bagaimana bisa bahagia anak bayi kan merepotkan harus ganti popok, dan menangis terus. Keraguan semacam ini harus dienyahkan dengan berpikir positif. Timbulkan pikiran positif dengan cara memikirkan apa pengaruhnya kehadiran bayi ini bagi kebahagiaan orang lain misalnya pikirkan bagaimana suami akan lebih sering di rumah karena ada bayi, ayah dan ibu menjadi senang karena sudah ada cucu, adik dan kakak memiliki mainan baru 🙂

Pikiran positif juga dapat ditimbulkan dengan memikirkan masa depan bagaimana nantinya jika si bayi nanti menjadi anak yang sangat pintar, menurut kepada orang tua, dan berbakti pada bangsa. Sungguh membanggakan bukan? Masih banyak pikiran positif yang bisa digali, tetapi harus diawali dengan dari dukungan moral orang terdekat.

Istirahat dan Makan Minum yang Sehat

Mendapatkan istirahat yang banyak dan makan minum yang sehat dan bergizi menjadi salah satu mood booster bagi ibu yang mengalami baby blues. Bagaimana tidak, orang biasa saja baik pria maupun wanita yang kurang istirahat dan kurang makan akan memiliki mood yang cenderung buruk. Orang yang kekurangan istirahat dan makan minum akan lebih mudah emosi dan marah, begitu juga dengan ibu yang baru saja melahirkan efek buruknya pasti menjadi dua kali lipat karena melahirkan adalah proses yang melelahkan. Oleh karenanya, istirahat yang cukup dan makan minum yang bergizi merupakan langkah ketiga dalam menekan baby blues.

Sebenarnya baby blues dapat hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu 1-2 minggu, tetapi kalau tidak diatasi dengan baik dapat menimbulkan efek yang berkepanjangan dan ini sangat merugikan bagi ibu dan bayi. Oleh karenanya, tetap lakukan tiga hal di atas meskipun tanda-tanda baby blues tidak ada sebagai metode pencegahan baby blues.