Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI

Tips Merawat Bayi Baru Lahir Untuk Pasangan Muda

Bayi Baru Lahir
Gambar Bayi Baru Lahir

Bingung bagaimana nantinya kalau sudah punya bayi? Pertama persiapkan mental Anda dan kedua camkan empat hal utama untuk merawat bayi baru lahir. Selanjutnya akan dibahas penuh dalam artikel ini. Tidak usah tegang! Selamat membaca!

Bagi pasangan muda, merawat bayi baru lahir pertama kali menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Mengingat merawat bayi tidak mudah terutama saat Anda baru pertama kali melakukannya. Biasanya orang tua muda ini telah melakukan banyak persiapan menyambut kedatangan bayi.

Penyesuaian dengan cepat sangat dibutuhkan sehingga bayi juga merasa nyaman dan Anda sebagai orang tua juga tidak dilanda kesulitan yang dapat menyebabkan depresi atau tertekan.

Siapkan Mental!

Bayi Baru Lahir

Merawat bayi baru lahir, untuk yang pertama mengalaminya akan sedikit menyulitkan. Ada tenaga dan waktu yang harus Anda persiapkan dengan baik sehingga semua berjalan lancar dan menyenangkan. Jangan sampai waktu yang panjang hingga tenaga yang cukup besar membuat Anda harus mengalami tekanan yang berbahaya untuk orang tua dan bayi. Pastikan 3 hal berikut ini Anda lakukan saat merawat bayi baru lahir pertama kali:

1. Menjaga kondisi fisik. Bayi baru lahir mudah menangis, baik karena haus, buang kotoran atau tidak nyaman. Kondisi ini membuat orang tua harus siap kurang tidur. Meski begitu jangan pernah mengkonsumsi kafein atau minuman penambah energi. Jaga kondisi fisik dengan mengkonsumsi makanan sehat. Ajak pasangan untuk bergantian berjaga sehingga fisik tetap prima

Populer:  Popok Bayi Baru Lahir: Diapers atau Clodi?

2. Tahu saat meminta bantuan. Kesibukan Anda akan bertambah banyak saat bayi lahir. Tunda beberapa pekerjaan yang tidak penting dan fokus merawat bayi. Buatlah diri senyaman mungkin dengan bermain dan membangun ikatan dengan bayi. Hal ini akan menghindari ibu dari sindrom baby blues. Jika lelah, mintalah bantuan kepada pasangan hingga orang terdekat.

3. Jangan mengurung diri di kamar. Menjadi orang tua berarti kesibukan yang tidak terbatas. Meski begitu tidak berarti Anda harus kehilangan kehidupan untuk bersosialisasi. Sekali atau dua kali dalam satu minggu Anda dapat mambawa hati keluar untuk jalan-jalan. Anda juga dapat sekedar berada di luar halaman dan berinteraksi dengan tetangga.

4 Perawatan Bayi Baru Lahir

Perawatan dan Pijat Bayi Baru Lahir

Hal paling penting saat bayi lahir tentunya proses merawat itu sendiri. Mengingat ini pertama kalinya untuk Anda, tentunya proses merawat bayi ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Namun Anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir berlebihan. Kekhawatiran Anda justru akan membuat bayi tidak nyaman. Berikut ini beberapa hal yang harus orang tua lakukan untuk merawat buah hati yang baru lahir:

1. Menjaga kebersihan dan juga keamanan bayi menjadi kewajiban utama orang tua. Bayi baru lahir biasanya lebih sensitif. Karena itu sebelum menyentuh bayi, pastikan tangan dalam kondisi bersih. Cuci tangan dengan sabun untuk menghindari bakteri yang berbahaya untuk bayi.

Populer:  6 Rahasia Utama EVOO Untuk Pertumbuhan Bayi

2. Memandikan buah hati. Bayi baru lahir terutama yang belum copot pusar, membutuhkan mandi minimal dua kali dalam satu minggu. Anda harus berhati-hati saat memandikan, sebaiknya gunakan spons halus sehingga tidak melukai kulit bayi.

3. Mengganti popok. Intensitas bayi membuang kotoran lebih sering. Terutama bayi yang minum susu formula akan lebih sering buang air kecil. Gunakan popok yang nyaman dan aman sehingga bayi tidak iritasi. Ganti popok setiap kali bayi membuang kotoran.

4. Memberikan ASI atau susu. Tidak perlu menunggu bayi menangis untuk memberikan ASI. Justru bayi akan kesulitan menelan saat mulai menangis. Setidaknya berikan ASI sebanyak 8-15 kali dalam sehari sehingga perut bayi yang masih kecil tidak begah.