Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI

MPASI 10 Bulan: Nugget Udang

Nugget Udang
Gambar Nugget Udang

Deskripsi

Saat bulan Ramadhan tiba, agak berat rasanya jika harus menyiapkan dua hidangan berbeda untuk MPASI anak dengan sajian sahur atau buka puasa. Sebagai jalan keluar, harus mencari menu yang digemari oleh semua usia sehingga dapat dinikmati oleh anak maupun anggota keluarga lain, serta tidak menguras waktu menyiapkan hidangan secara terpisah.

Nugget Udang, Alternatif Sajian MPASI Sekaligus Menu Favorit Beragam Usia

Nugget menjadi salah satu dari sekian banyak alternatif sajian yang dapat dikonsumsi oleh anak usia 10 bulan sebagai MPASI dan lauk sahur atau berbuka puasa yang diminati orang dewasa. Nugget dapat dibuat dari berbagai macam bahan utama, mulai tempe, daging ayam, hingga hasil olahan laut seperti udang.

Udang dapat dijadikan pilihan bahan utama kali ini sekaligus menjadi kesempatan untuk melakukan tes alergi pada anak. Sebagaimana diketahui oleh publik, per sajian 100 gram udang mengandung 99 kalori dengan kolesterol yang cukup tinggi sebesar 189 mg. Ditambah kandungan asam folat, kandungan kolesterol tersebut dapat memicu munculnya reaksi alergi.

Sudah lama memang udang dikenal sebagai hasil laut yang memiliki prosentase tertinggi dalam menimbulkan alergi. Namun, alergi yang dihasilkan tidak fatal, biasanya berupa ruam gatal pada kulit. Melakukan tes alergi udang pada anak sejak dini juga dapat membantu mengetahui daftar makanan yang tidak semestinya diberikan pada anak di masa mendatang.

Nugget Udang, Sajian Praktis Untuk Keluarga

Tidak ada yang dapat menolak kelezatan nugget udang. Meski banyak dijual sebagai produk frozen di pasaran, membuat nugget udang sendiri tentu lebih sehat karena quality control sangat terjamin. Gizi dalam nugget udang juga tinggi meski harus berhati-hati dengan kemungkinan munculnya reaksi alergi.

Tips Pemberian Nugget Udang Sebagai MPASI Anak

Guna menghindari reaksi alergi yang ekstrem, pada awal pemberian nugget udang kepada anak, coba segigit terlebih dahulu, lalu tunggu selama kurang lebih 30 menit. Reaksi alergi pada udang biasanya cepat muncul sehingga dapat lekas diketahui pula respon tubuh anak. Jika tidak muncul reaksi alergi, maka nugget udang dapat kembali diberikan.

Mengingat harus dilakukan uji reaksi terlebih dahulu, maka jangan memberikannya tepat pada jam makan anak karena jika harus menunggu, anak bisa kelaparan. Selagi menunggu reaksi alerginya dapat pula diberikan pisang kerok atau pudding sebagai pengganjal lapar.

Berikut adalah cara membuat nugget udang sebagai MPASI 10 bulan.

Durasi Memasak

  • Persiapan:
  • Memasak:
  • Total waktu:

Bahan/Bumbu

  • ½ kilogram udang
  • 2 butir telur ayam kampung
  • 2 sendok makan tepung terigu / selembar roti tawar
  • Bawang putih
  • 5 buah jamur kancing
  • Garam
  • Merica
  • 50 gram tepung panir kasar

Cara Memasak

  1. Pisahkan daging dengan kulit udang, lalu cuci bersih keduanya
  2. Rebus kulit udang hingga menghasilkan kaldu, sedangkan daging ditiriskan
  3. Masukkan daging udang ke dalam blender / food processor bersama 1 butir telur ayam, tepung terigu / roti tawar, jamur, garam, dan merica. Haluskan
  4. Tambahkan kaldu dari kulit udang, kemudian nyalakan kembali blender / food processor
  5. Letakkan adonan yang sudah halus ke dalam wadah, kemudian kukus selama 30 menit
  6. Dinginkan sebentar, kemudian potong sesuai ukuran yang dikehendaki
  7. Kocok telur yang tersisa dan siapkan tepung panir
  8. Celupkan adonan nugget yang sudah dipotong-potong ke dalam telur, kemudian balur tepung panir. Ulangi sampai adonan habis
  9. Goreng sampai berwarna kuning keemasan. Sajikan