Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI

MPASI 15 Bulan: Roti Manis Isi Pisang

Roti Manis Isi Pisang
Gambar Roti Manis Isi Pisang

Deskripsi

Camilan merupakan makanan yang dipilih sebagai selingan agar tidak membiarkan sistem pencernaan beristirahat total pada rentang waktu pemberian MPASI utama anak usia 15 bulan. Jika tidak diberi camilan pada jeda tersebut, dikhawatirkan sistem pencernaan akan terkejut dan bekerja lebih keras saat pemberian MPASI utama. Sebab itulah camilan digunakan sebagai stimulan.

Tepat sekali momen Ramadhan pun sedang tiba dan akan segera disusul oleh hari raya. Pada kedua bulan penuh rahmat dan ampunan tersebut, camilan atau makanan ringan juga diperlukan untuk orang dewasa, baik untuk keluarga maupun handai taulan yang berkunjung. Supaya lebih efisien, sebaiknya memilih menu camilan untuk segala usia.

Standar Camilan MPASI Yang Tepat

Makanan ringan yang berfungsi sebagai selingan memiliki syarat utama tidak terlalu mengenyangkan, dibandingkan dengan MPASI utama. Roti dan pudding merupakan dua contoh kudapan yang dapat dijadikan pilihan sebagai camilan MPASI karena keduanya memiliki kandungan serat tinggi dan cukup karbohidrat, tetapi mudah dicerna oleh tubuh yang mana memenuhi kriteria stimulan.

Roti Manis Isi Pisang, Camilan Lezat Dalam Berbagai Kesempatan

Roti manis isi pisang merupakan kudapan kaya serat namun rendah lemah yang mengenyangkan tanpa menyebabkan kegemukan atau obesitas. Pembuatannya cukup mudah dan dapat dinikmati oleh beragam usia serta dalam berbagai momen saat keluarga tengah berkumpul, mulai dari anak usia 15 bulan yang masih MPASI hingga yang berusia lanjut.

Roti Manis Isi Pisang, Kudapan Tepat Pendamping MPASI Utama

Pisang memiliki kandungan kalori sebesar 88 cal per 100 gram sajian, 0 kolesterol dan 0,3 gram lemak tak jenuh yang bagus untuk tubuh. Sebab itu pisang identik sebagai menu diet karena dapat mengenyangkan tanpa membuat gemuk. Otomatis, pisang baik untuk bahan camilan MPASI anak maupun orang dewasa sebab bersifat non-kolesterol.

Namun, anak cenderung usia 15 bulan cenderung menolak mengonsumsi pisang secara langsung akibat bosan dikarenakan terlalu sering diberikan sejak awal masa MPASI. Karenanya, dibutuhkan variasi olahan pisang yang menarik untuk anak, sekaligus menggugah selera orang dewasa sebagai sajian saat bulan puasa atau lebaran, seperti roti manis isi pisang berikut.

Durasi Memasak

  • Persiapan:
  • Memasak:
  • Total waktu:

Bahan/Bumbu

  • ¼ kilogram tepung terigu protein tinggi
  • 9 buah pisang, lebih baik varian pisang raja atau candi
  • 2 butir telur, gunakan kuningnya saja
  • 150 ml susu cair UHT
  • ¼ bungkus ragi / 3 gram
  • ¼ sendok teh garam
  • 35 gram gula
  • 35 gram mentega
  • 2 sendok makan madu
  • 1 butir telur, gunakan kuningnya saja
  • 20 gram keju parut

Cara Memasak

  1. Campurkan tepung terigu, ragi, dan gula. Aduk sampai rata.
  2. Bentuk bulat adonan, kemudian lubangi tepat di bagian tengah. Masukkan kuning telur dan kembali aduk hingga tercampur rata
  3. Mulai uleni adonan dengan menuang susu UHT sedikit demi sedikit, lalu tambahkan garam dan mentega. Uleni searah jarum jam dan jangan mengubah arah karena dapat membuat adonan bantet. Uleni hingga kalis atau adonan tidak menempel lagi pada kulit. Kurang lebih 30-45 menit
  4. Letakkan adonan dalam wadah yang bagian atasnya ditutupi dengan serbet basah. Diamkan selama kurang lebih 1 jam
  5. Kempeskan lalu bagi adonan menjadi bulatan kecil-kecil di atas wadah permukaan datar yang sudah diolesi mentega cair. Kembali diamkan 15 menit
  6. Pipihkan adonan, isi pisang di bagian tengah, tutup sempurna dan beri olesan serta taburan keju parut
  7. Panggang selama 25 menit