Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI

MPASI 19 Bulan: French Toast dan Sekaligus Menu Sahur Praktis

French Toast
Gambar French Toast

Deskripsi

Semakin bertambah usia anak, kadang kala mereka menjadi semakin pemilih dalam hal makanan. Terlebih di bulan Ramadhan tentu anak juga ingin seperti otang tuanya. Tentu kita tahu pada usia 19 bulan, di mana mereka sudah mengenal rasa dengan cukup baik dan terpengaruh pula pada tampilan makanan. Mereka cenderung memilih mana makanan yang mereka sukai dan menolak makanan yang tidak sesuai keinginan mereka.


Hal tersebut perlu diatasi dengan kreatifitas dalam pembuatan MPASI. Namun di saat bulan Ramadhan, terutama saat sahur, sering kali timbul rasa malas untuk membuat olahan makanan yang rumit. French toast dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan MPASI anak usia 19 bulan sekaligus menu sahur untuk seluruh keluarga.

French Toast, Camilan Sekaligus MPASI Utama

French toast dalam bahasa berarti “roti bakar Perancis”. Bahan dasarnya adalah roti tawar yang mengandung 264 calori per sajian 100 gram dengan kadar karbohidrat sebesar 49 gram. Roti sendiri dijadikan sebagai pengganti nasi karena sama-sama mengandung karbohidrat tinggi, namun karena serat roti lebih besar, maka proses pencernaannya pun lebih mudah.

Energi yang dihasilkan oleh roti dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan energi dari nasi sehingga sebagai menu sahur pun akan sangat bermanfaat karena orang-orang dewasa akan lebih kuat dalam menjalankan ibadah puasa di mana harus menahan lapar dan haus selama lebih dari dua belas jam lamanya. Sejatinya, French toast tidak berbeda dengan roti bakar lain yang banyak dijual, namun teksturnya lebih lembut. Serta, jika membuatnya sendiri, bebas memilih bahan baku terbaik. Terlebih, pembuatan French toast juga tidak sulit.

Penambahan telur dan susu cair dalam pembuatan French toast tidak hanya membuat kudapan tersebut lebih lembut, tetapi juga menambah kandungan gizi di dalamnya. Telur sendiri mengandung kalori sebesar 155 gram per 100 gram sajian dan merupakan sumber protein nabati yang uniknya berasal dari sumber protein hewani, yakni ayam.

Sementara susu cair per 250 ml mengandung kalori sebesar 160 cal serta mengandung karbohidrat sebesar 10 gram yang cukup untuk memenuhi asupan tubuh bila digabungkan dengan karbohidrat dari roti tawar sebagai bahan utama. Karenanya, French toast dapat menjadi menu terbaik MPASI utama maupun camilan bagi anak usia 19 bulan.

Oleh karena pembuatannya yang mudah, lebih baik membuatnya disesuaikan dengan porsi yang akan dimakan oleh anak. Tidak perlu menyiapkannya untuk disimpan lalu dihangatkan ketika hendak dikonsumsi karena hal tersebut dapat mengurangi kandungan gizi dari French toast. Selain sebagai MPASI, French toast juga dapat dipilih sebagai camilan bersama keluarga.

Durasi Memasak

  • Persiapan:
  • Memasak:
  • Total waktu:

Bahan/Bumbu

  • 2 lembar roti tawar ukuran besar
  • 1 butir telur
  • 3 sendok makan susu cair
  • ½ sendok makan saus tomat
  • 3 sendok makan margarin
  • ¼ sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula
  • Selai rasa buah

Cara Memasak

  1. Cairkan 1 ½ sendok makan margarin
  2. Kocok telur hingga berbuih
  3. Campurkan ½ sendok teh gula, margarin cair, susu cair, dan saus tomat ke dalam kocokan telur, aduk rata
  4. Celupkan satu per satu lembaran roti hingga terbalur sempurna
  5. Panaskan margarin yang tersisa di panggangan, kemudian masak lembaran roti hingga berubah warna kecokelatan
  6. Olesi dengan sedikit gula dan selai rasa buah