Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI

MPASI 5 Bulan: Resep Bubur Santan Apel Gurih dan Bergizi

MPASI 5 Bulan: Resep Bubur Santan Apel Gurih dan Bergizi
Gambar MPASI 5 Bulan: Resep Bubur Santan Apel Gurih dan Bergizi

Deskripsi

Kandungan nutrisinya yang tinggi, apel dipilih sebagai MPASI 5 bulan yang aman. Satu buah apel diketahui mengandung 2.4 g serat, 4.6 mg vitamin C, dan 95 kal kalori. Meski tinggi kalori, apel merupakan jenis buah rendah lemak, yakni sekitar 0.2 g. Apel bahkan kaya air karena 86% kandungan apel adalah air.

Resep Bubur Santan Apel

Luar biasanya, antioksidan dalam bahan utama MPASI 5 bulan ini setara dengan antioksidan yang ada dalam 1500 mg vitamin C. Antioksidan sendiri diketahui berfungsi sebagai pendonor elektron untuk netralkan sifat reaktif radikal bebas, sehingga dapat mencegah rusaknya sel.

Selain itu, apel juga mengandung 3 µg vitamin A, 3 µg vitamin B9, 107 mg potassium, 11 mg fosfor, 6 mg kalsium, dan 10.4 g gula. Berkat kandungan antioksidan kuerseting dan flavonoidnya yang tinggi, apel dipercaya dapat membantu fungsi memori dan memelihara kesehatan otak.

Pilih apel yang berkualitas bagus, yakni buah apel yang keras. Coba ketuk apel tersebut menggunakan jari tangan, jika berbunyi nyaring, itu pertanda buah tersebut renyah dan mengandung banyak air. Hindari memilih apel yang memiliki memar, karena sudah pasti kondisinya tidak bagus lagi. Dari segi aromanya, apel yang sudah matang akan mengeluarkan aroma khas.

Durasi Memasak

  • Persiapan:
  • Memasak:
  • Total waktu:

Bahan/Bumbu

  • 6 butir apel segar, kupas kulitnya lalu potong kecil-kecil
  • 125 mill santan organik
  • 3 gram cengkeh

Cara Memasak

  1. Pertama, silakan Anda masukkan semua bahan yang sudah disiapkan tadi ke dalam panci ukuran sedang, kemudian tutup pancinya.
  2. Masak dengan api sedang sampai apelnya menjadi lunak. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat bubur santan apel kurang lebih sekitar 10 - 15 menit.
  3. Setelah itu, angkat lalu dinginkan.
  4. Pindahkan ke dalam blender, haluskan sampai benar-benar halus.
  5. Jika mau, Anda juga bisa menggantikan campuran engkeh dengan rempah-rempah lainnya, seperti jahe, daun mint, atau kayu manis. Namun sebelumnya haluskan terlebih dulu rempah tersebut.
  6. Bubur santan apel bisa disimpan di dalam lemari es dan bisa tahan selama 3 - 4 hari.
  7. Namun demikian, apabila Anda menyimpannya dalam freezer, maka bubur santan apel tersebut bisa tahan sampai 4 bulan.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.