Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI

MPASI 6 Bulan: Bahan Utama Zucchini

MPASI 6 Bulan Bahan Utama Zucchini
Gambar MPASI 6 Bulan Bahan Utama Zucchini

Deskripsi

Nama zucchini mungkin tidak begitu familiar bagi masyarakat Indonesia. Buah sayur ini memang jarang sekali ditemukan di penjual-penjual sayuran lokal dan lebih sering ditemukan di supermarket-supermarket tertentu yang jual sayuran impor.

Zucchini juga dikenal dengan nama timun Jepang karena bentuknya yang memang mirip seperti timun hanya rasanya saja yang berbeda, cenderung lebih pahit. Meski memiliki rasa yang agak pahit, zucchini bisa jadi makanan bayi yang menyehatkan. Manfaatnya antara lain adalah mencegah diabetes, dan juga sangat baik untuk pencernaan si kecil.

Sebelum masuk ke resep MPASI, Anda tentu ingin tahu kandungan nutrisi apa saja yang ada pada zucchini. Zucchini mengandung vitamin B kompleks (B1, B2, B3, dan B6), asam folat, dan juga kolin. Ia juga mengandung vitamin A, vitamin C, mangan, serat, fosfor, kalsium, magnesium, seng, zat besi, dan juga vitamin K.

Serta tentunya kandungan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Zucchini bisa jadi menu MPASI yang disukai si kecil lho!

Durasi Memasak

  • Persiapan:
  • Memasak:
  • Total waktu:

Bahan/Bumbu

  • 1 buah zucchini bisa untuk 3 porsi makan
  • ASI/susu formula/air matang

Cara Memasak

  1. Untuk menghilangkan rasa pahitnya, potong bagian ujung zucchini kemudian gosokkan dengan bagian daging yang terbuka untuk menghilangkan getahnya
  2. Iris zucchini dengan ukuran yang memudahkannya empuk
  3. Kukus irisan zucchini sampai matang
  4. Haluskan zucchini sampai benar-benar halus
  5. Campur dengan ASI/susu formula/air matang untuk melembutkan tekstur