Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI

MPASI 6 Bulan: Puree Mangga Jeruk Manis

Puree Mangga Jeruk Manis
Gambar Puree Mangga Jeruk Manis

Deskripsi

Durasi yang dianjurkan oleh paramedis untuk pemberian ASI eksklusif adalah 6 bulan. Setelahnya dapat diberikan MPASI atau Makanan Pendamping Air Susu Ibu, di mana pemberiannya bersifat sebagai nutrisi pelengkap dan anak tetap mendapatkan ASI seperti biasa. Pada 30 hari pertama periode pemberikan MPASI, tekstur makanan harus benar-benar halus.

Kriteria tersebut cukup memudahkan untuk disajikan oleh para ibu, terutama saat bulan Ramadhan. Karena penyajian menu MPASI 6 bulan sangat mudah dan praktis, tidak membutuhkan bahan serta pengolahan yang rumit. Salah satu pilihan bahan terbaik untuk dijadikan MPASI adalah buah-buahan segar yang memiliki kandungan nutrisi tinggi serta mudah dicerna tubuh.

Kandungan Gizi Puree Mangga Jeruk Manis

Bubur mangga jeruk manis adalah salah satu resep MPASI 6 bulan pada 30 hari pertama yang paling populer. Dalam per 50 gram buah mangga, terkandung vitamin C sebesar 15 mg, energi 37.5 cal, serta kandungan kalsium dan fosfor. Sedangkan per 50 gram buah jeruk, terkandung vitamin C sebesar 26 mg.

Perpaduan vitamin C keduanya cukup untuk memenuhi ½ dari kebutuhan energi harian. Sehingga selain bagus sebagai sajian untuk MPASI 6 bulan, mangga dan jeruk manis juga dapat dijadikan pelengkap standar empat sehat lima sempurna bagi mereka yang tengah menjalankan ibadah puasa. Dengan kata lain, satu bahan cukup memenuhi kebutuhan keluarga.

Mangga Dan Jeruk Manis, Bahan Sederhana Tapi Kaya Gizi

Pembuatan puree mangga jeruk manis di atas sangat mudah namun kandungan nutrisi dalam menu tersebut tidak dapat disepelekan. Keunggulan lain dari puree mangga jeruk manis selain simple dan bergizi tinggi adalah bahan-bahannya sangat mudah didapatkan di sekitar dengan harga yang sangat terjangkau. Penyerapannya nutrisi oleh tubuh pun sangat cepat.

Selain itu, bagi mereka yang tengah menunaikan ibadah puasa dapat turut mengonsumsi mangga arum manis dengan cara diolah menjadi jus, kemudian untuk jeruk manisnya dapat diperas untuk diambil sarinya dan ditambahkan madu. Keduanya jenis minuman sehat tersebut dapat dikonsumsi saat sahur atau berbuka puasa untuk menambah atau memulihkan stamina.

Resep Dan Cara Membuat Bubur Mangga Jeruk Manis

Proses pembuatan MPASI bubur mangga jeruk manis sangatlah mudah, bahkan tidak memakan waktu lebih dari lima belas menit mulai dari persiapan bahan hingga siap disajikan pada anak. Berikut ini adalah resep serta cara pembuatan bubur atau puree mangga jeruk manis yang sangat praktis.

Durasi Memasak

  • Persiapan:
  • Memasak:
  • Total waktu:

Bahan/Bumbu

  • ½ buah mangga arum manis matang
  • 1 buah jeruk manis Pontianak (tidak wajib), bisa menggunakan jeruk manis peras biasa

Cara Memasak

  1. Kupas mangga arum manis, potong kecil-kecil agar lebih cepat halus dan pisahkan dari bijinya. Masukkan ke dalam blender atau food processor
  2. Belah jeruk manis menjadi dua, kemudian ambil sarinya dengan menggunakan alat perasan jeruk. Masukkan sari jeruk tersebut ke dalam blender atau food processor
  3. Nyalakan blender atau food processor dan haluskan kedua bahan tersebut selama dua menit. Jangan terlalu lama karena jika demikian, panas dari mesin dapat mengurangi kandungan nutrisi dari kedua buah tersebut
  4. Tuangkan dalam piring makan khusus bayi dan segera suapkan sampai habis