Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI

MPASI 7 Bulan: Nasi Tim Ikan Tuna

Nasi Tim Ikan Tuna
Gambar Nasi Tim Ikan Tuna

Deskripsi

Menjelang bulan Ramadhan yang akan tiba beberapa hari lagi, para ibu menyusui tentu ingin turut serta menjalankan ibadah puasa. Meski bersifat tidak wajib karena dapat menggantinya sesuai dengan syariat yang ditetapkan, namun juga tidak dilarang, terlebih jika buah hati telah berusia tujuh bulan, di mana sudah tidak lagi ASI eksklusif.

Dengan pemberian MPASI, maka asupan nutrisi anak pun tercukupi bahkan meski produksi ASI sang ibu agak berkurang karena tengah berpuasa. Supaya nutrisi yang diterima anak tetap maksimal, maka MPASI yang diberikan sebaiknya berbahan dasar nasi dengan tekstur sangat lembut, yakni nasi tim, yang memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi.

Nasi Tim sejatinya merupakan hidangan khas Tionghoa, namun berasal dari bahasa Inggris “steam” atau “kukus”. Sederhananya, nasi tim merupakan nasi dengan lauk yang dikukus. Teksturnya cukup lembut sehingga cocok untuk dijadikan sebagai menu MPASI anak usia 7 bulan. Pilihan lauknya adalah daging-dagingan seperti ayam, sapi, atau juga ikan.

Jika memilih ikan, maka ikan tuna merupakan salah satu pilihan yang paling direkomendasikan. Selain kandungan gizi yang tinggi, ikan tuna juga mudah didapatkan serta dibanderol dengan harga terjangkau. Meski ada ikan tuna kaleng yang dijual bebas, usahakan untuk menggunakan daging ikan tuna segar, terutama jika dijadikan bahan MPASI.

Kandungan Gizi Nasi Tim Ikan Tuna

Ikan tuna dikenal sebagai ikan dengan kadar lemak jenuh sangat rendah sehingga tidak menimbulkan resiko obesitas pada anak, dengan kandungan kalori 184 cal per 100 gram dengan kandungan 0 karbohidrat yang mengimbangi tingginya zat tersebut pada nasi. Menu yang mudah diolah itu merupakan pilihan tepat MPASI bagi ibu yang berpuasa.

Resep Dan Cara Membuat Nasi Tim Ikan Tuna Simple
Nasi tim ikan tuna sejatinya cukup mudah dibuat. Mungkin hanya memakan waktu sedikit lebih lama saat harus membersihkan sisik ikan dan memisahkan dari tulangnya. Berikut ini adalah resep mudah cara mengolah nasi tim ikan tuna yang lezat untuk dijadikan sebagai MPASI sang buah hati.

Durasi Memasak

  • Persiapan:
  • Memasak:
  • Total waktu:

Bahan/Bumbu

  • 1 buah ikan tuna segar ukuran sedang
  • 1 centong nasi matang, gunakan beras kualitas terbaik agar menghasilkan nasi yang bagus pula
  • Seledri
  • 1 buah jeruk nipis

Cara Memasak

  1. Bersihkan sisik ikan, beri perasan jeruk nipis untuk mengurangi bau amis ikan
  2. Masukkan ikan ke dalam panci / kukusan / presto dan proses sampai matang. Lebih baik menggunakan presto agar nantinya daging ikan lebih mudah dipisahkan dari tulangnya
  3. Setelah ikan matang, pisahkan daging dengan tulang. Masukkan daging ikan secukupnya ke dalam blender / food processor—sekiranya cukup untuk porsi sekali makan dan sisa dagingnya dapat disimpan untuk pengolahan lain waktu, sedangkan tulangnya ke panci untuk direbus
  4. Rebus tulang ikan hingga menghasilkan kaldu yang cukup gurih, tidak perlu ditambahkan penyedap, gula ataupun garam
  5. Masukkan nasi ke dalam kaldu dan aduk-aduk hingga teksturnya lebih lembut lagi. Setelah tercampur sempurna dan tampak seperti bubur, angkat dan dinginkan, kemudian masukkan ke dalam blender / food processor. Tambahkan irisan seledri
  6. Haluskan semua bahan tersebut, lalu sajikan kepada anak