Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI

MPASI 8 Bulan: Bahan Utama Brokoli

MPASI 8 Bulan Bahan Utama Brokoli
Gambar MPASI 8 Bulan Bahan Utama Brokoli

Deskripsi

Brokoli adalah sayuran yang bisa dibilang paling banyak direkomendasikan untuk diberikan kepada bayi segera setelah ia masuk di usia MPASI. Sayuran hijau satu ini memang punya kandungan nutrisi yang luar biasa bahkan untuk orang dewasa.

Brokoli juga memiliki tekstur yang lembut dan hanya membutuhkan waktu yang sebentar untuk dimasak sehingga membuat menu MPASI menggunakan bahan ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam brokoli antara lain adalah vitamin C, serat, vitamin K, senyawa fitonutrien, dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya.

Manfaatnya untuk si keci sebagai makanan bayi adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya dengan kandungan vitamin C yang merupakan bahan antioksidan terbaik. Brokoli juga mengandung serat yang tinggi sehingga bisa mencegah sembelit. Brokoli juga bersifat anti inflamasi yang bisa mencegah bayi punya alergi dan menjaga kesehatan pembuluh darah. Masih banyak lho manfaat sehat lainnya dari brokoli. Yuk mulai buat MPASI 8 bulan sendiri menggunakan brokoli.

Durasi Memasak

  • Persiapan:
  • Memasak:
  • Total waktu:

Bahan/Bumbu

  • 1 bonggol brokoli
  • ASI/susu formula/air matang secukupnya

Cara Memasak

  1. Potong-potong kuntum brokoli kemudian rendam dalam air garam agar ulat yang bersembunyi di dalam bisa keluar
  2. Cuci bersih brokoli
  3. Kukus brokoli sampai matang, kira-kira hanya 5 menit
  4. Haluskan brokoli dan sesuaikan teksturnya dengan menggunakan ASI/susu formula/air matang sampai cukup lembut untuk si kecil