Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI

MPASI 8 Bulan: Bahan Utama Jeruk

MPASI 8 Bulan Bahan Utama Jeruk dan Alpukat
Gambar MPASI 8 Bulan Bahan Utama Jeruk dan Alpukat

Deskripsi

Jeruk adalah salah satu buah yang cukup awal dikenalkan pada bayi untuk menjadi bagian dari menu MPASI. Namun yang mesti diperhatikan adalah sebaiknya tidak memberikan jeruk kepada bayi yang masih berusia 8 bulan ke bawah karena pencernaannya masih terlalu sensitif untuk mencerna buah jeruk yang asam. Pada usia 8 bulan, buah jeruk yang disarankan pun sebaiknya jenis jeruk baby yang lebih manis sehingga si kecil tidak begitu kaget dengan rasa buah jeruk yang asam.

Untuk mengurangi tingkat keasaman jeruk, alpukat adalah satu solusinya. Buah alpukat juga dapat memberikan tekstur sehingga puree menjadi lebih kental. Tidak seperti air jeruk yang tingkat kekentalannya mirip dengan air putih. Aman? Aman dong alpukat kan juga kaya vitamin E.

Jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin dan mineral seperti misalnya vitamin A, vitamin C, kalium, kalsium, dan juga asam folat yang sangat berguna bagi si kecil. Jeruk bisa menjadi pemanis alami pada makanan bubur atau pure bayi sehingga tidak perlu ditambahkan dengan gula atau pemanis lainnya sehingga makanan bayi tetap sehat alami tapi si kecil suka. Mari bikin pure jeruk yang mudah dan cepat untuk MPASI 8 bulan si kecil, bisa dicampur dengan pure buah favorit si kecil yang lainnya.

Durasi Memasak

  • Persiapan:
  • Memasak:
  • Total waktu:

Bahan/Bumbu

  • Buah Jeruk Baby
  • Alpukat

Cara Memasak

  1. Peras buah jeruk baby dengan menggunakan pemeras jeruk
  2. Kalau tidak punya bisa menggunakan saringan kawat berongga rapat
  3. Kerok daging buah alpukat, kemudian haluskan
  4. Buah alpukat yang sudah halus dicampur dengan air perasan jeruk