Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI

MPASI 9 Bulan: Bola-Bola Daging Menu Lezat MPASI

Bola-bola Daging
Gambar Bola-bola Daging

Deskripsi

Menyiapkan sajian berbuka puasa untuk keluarga merupakan salah satu momen yang menyenangkan. Kreatifitas untuk menyajikan aneka menu pun ditunjukkan lebih dari hari biasa. Bagi ibu yang memiliki anak yang masih dalam fase mengonsumsi MPASI, seperti pada usia 9 bulan, tantangan dalam menyajikan menu berbuka pun semakin berlipat.

Anak usia 9 bulan tentu tidak ikut berpuasa. Tapi mereka pasti akan tergoda untuk turut serta menyantap makanan ketika anggota keluarga yang lain tengah berbuka puasa. Kemampuan untuk menyajikan menu berbuka yang sekaligus dapat dikonsumsi anak usia 9 bulan serta memenuhi syarat MPASI merupakan tantangan yang dimaksud.

Korelasi Menu MPASI Dengan Kemampuan Bicara Dan Berat Badan Anak

Secara teknis, seiring bertambah usia seseorang, maka kebutuhan kalori yang diperlukan pun semakin meningkat. Kalori tersebut menentukan energi yang disimpan serta berat badan individu itu sendiri. Sebab itu, dibutuhkan asupan makanan yang dapat memenuhi jumlah kalori harian tubuh dan pada anak usia 9 bulan, dapat diperkenalkan pada nasi dan daging.

Pada usia 7 bulan anak mungkin sudah mengonsumsi nasi, tetapi harus diblender, dilumatkan, atau diolah menjadi nasi tim. Sedangkan nasi untuk usia 9 bulan tetap bertekstur agak lembek, tetapi tidak sampai dihaluskan. Sedangkan untuk dagingnya harus lembut, sebab itu harus dipotong sesuai dengan arah garis serat.

Nasi Dengan Bola-Bola Daging, MPASI 9 Bulan Pilihan

Mengolah nasi agak lembek tentu cukup mudah karena cukup menambahkan takaran air ketika memasak, sedangkan untuk olahan daging sapi yang cukup lembut namun serat-seratnya tetap dipertahankan, maka bola-bola daging merupakan sajian terbaik.

Bola-Bola Daging Bergizi Dan Meningkatkan Nafsu Makan

Daging sapi per 100 gram mengandung kalori sebesar 250 cal dengan kandungan lemak sebesar 15 gram dan merupakan sumber protein hewani terbaik karena rendah kolesterol sehingga menambah berat badan tanpa menyebabkan obesitas. Sebagai sajian berbuka pun, daging cukup cepat mengembalikan energi dan penyerapannya lambat sehingga tidak membuat cepat lapar lagi.

Durasi Memasak

  • Persiapan:
  • Memasak:
  • Total waktu:

Bahan/Bumbu

  • Daging sapi segar, pilih bagian yang minim lemak
  • Air
  • Kentang
  • Bayam
  • Minyak goreng

Cara Memasak

  1. Cuci bersih daging, kemudian potong tipis-tipis mengikuti garis serat. Sedikit tips, bila daging asal dipotong maka akan menjadikannya alot. Sebab itu harus dipotong dengan tepat agar cepat empuk
  2. Siapkan air dalam panci dan letakkan di atas kompor. Masukkan irisan daging dan buat kaldu dari situ. Pastikan daging sudah benar-benar empuk sebelum mengangkat lalu meniriskannya
  3. Kupas kentang, lalu kukus sampai empuk, kemudian tumbuk hingga lumat
  4. Potong-potong bayam sekecil mungkin
  5. Letakkan daging, kentang tumbuk, bayam, dan sedikit kuah kaldu, di wadah. Campur semua bahan hingga merata, lalu bulatkan. Pastikan kaldu tidak terlalu banyak agar adonan dapat dibulatkan, karena sifatnya hanya sebagai pemberi rasa gurih
  6. Masukkan ke dalam lemari es dan tunggu kurang lebih lima belas menit
  7. Keluarkan dari kulkas dan panaskan minyak di penggorengan, kemudian goreng bola-bola daging tersebut hingga kekuningan
  8. Bola daging siap disajikan bersama nasi hangat