Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
3 Merek dan Harga EVOO Internasional
Bahan Dasar EVOO
Gambar Bahan Dasar EVOO

Berbagai macam merek Extra Virgin Olive Oil (EVOO) di pasar Indonesia seperti Bertolli, Filipo Berio, dan La Rambia mungkin sudah populer di telinga ibu-ibu, tapi sebenarnya masih banyak loh merek EVOO lainnya!

Berikut kami bahas berbagai merek sekaligus harga EVOO yang dijual secara internasional lainnya dan mungkin EVOO tersebut tidak ada di Indonesia.

EVOO Sky Organics

EVOO merek Sky Organics dibuat menggunakan 100% buah zaitun yang berasal dari petani organik di Yunani. Harga EVOO Sky Organics yaitu sekitar Rp250.000-300.000 dengan ukuran 500 ml atau setengah liter.

EVOO Sky Organics

EVOO Sky Organics dibuat dengan cara cold pressed, dan tanpa melalui proses filtrasi. Oleh karenanya, residu EVOO buatan Yunani ini dapat mengendap di dasar botol dan terlihat keruh.

EVOO Sky Organics sudah terdaftar di United States Department of Agriculture (USDA) sehingga terjamin aman untuk dikonsumsi.

Menurut konsumennya, EVOO ini memiliki warna hijau yang jernih dan rasa yang sedap. Teksturnya tidak kental dan tidak encer. Banyak yang bilang EVOO Sky Organics sangat lembut dan cocok untuk berbagai makanan.

EVOO O-Live & Co

EVOO merek O-Live & Co ada yang menggunakan 100% buah zaitun yang berasal dari petani organik di Chile, dan ada yang non-organik.

Harga EVOO O-Live & Co non-organik untuk ukuran 500 ml yaitu sekitar Rp200.000. Sedangkan untuk EVOO organik dengan ukuran yang sama yaitu sekitar Rp300.000-Rp350.000.

EVOO O-Live & Co Organic

Ada tiga jenis EVOO O-Live & Co yaitu:

  • Everyday Extra Virgin Olive Oil O-Live & Co.
  • Organic Extra Virgin Olive Oil O-Live & Co.
  • Robust Extra virgin Olive Oil O-Live & Co.

Sama dengan EVOO merek Sky Organics, EVOO O-Live & Co dibuat secara cold pressed dan terdaftar di USDA. Kalau EVOO untuk bayi pilih yang organik karena O-Live Robust Extra mengandung rasa kuat dan cenderung pedas, kasihan bayinya.

Untuk ulasan dari konsumen, EVOO O-Live & Co ini cukup langka di pasaran Amerika Serikat jadi mungkin bisa lebih mahal harganya ketika sampai di Indonesia.

Menurut konsumen, rasa EVOO-nya ringan dan tidak terlalu beraroma kuat. Ada pro dan kontra ketika soal rasa EVOO, ada orang yang suka EVOO dengan aroma kuat buah zaitun dan ada pula yang suka encer dan tidak terlalu beraroma.

Namun, karena konteksnya sekarang adalah EVOO untuk bayi, maka EVOO O-Live & Co organik ini bisa menjadi pilihan.

EVOO Kouzini

Sama seperti EVOO Sky Organics, EVOO Kouzini berasal dari 100% buah zaitun Yunani dan proses pembuatannya cold pressed. Ada jenis organik dan non-organik, dan diklaim sebagai EVOO dengan kelas ultra premium.

Dibandingkan dengan harga EVOO Sky Organics dan EVOO O-Live & Co, harga EVOO Kouzini sangat jauh lebih mahal yaitu Rp500.000-550.000 per 500 ml.

EVOO Kouzini
EVOO Kouzini

Sayangnya, EVOO Kouzini tidak bisa dibeli dan dikirim ke Indonesia melalui Amazon sehingga keberadaannya pasti sangat langka.

Produk EVOO Kouzini terdaftar di USDA, tersertifikasi non-genetically modified organisms (NONGMO), dan tersertifikasi Protected Geographical Indication (PGI). Mungkin karena inilah, EVOO Kouzini menjadi mahal.

Menurut konsumen, tekstur EVOO Kouzini sangatlah halus dan sedap. Mungkin mirip dengan EVOO O-Live & Co, tetapi dengan rasa yang lebih nikmat dan kuat. Salah satu konsumen yang tinggal di Yunani sendiri bahkan bilang bahwa EVOO Kouzini merupakan EVOO yang berkualitas sangat bagus.

Gimana minat beli tidak ibu-ibu kalau harganya ratusan ribu seperti tiga EVOO di atas? Atau pilih yang sudah tersedia secara lokal aja?

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi.