Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
[Wajib Dicatat] 26 Mal yang Ada Nursery Rooms di Indonesia
Nursery Rooms Di Mall
Gambar Nursery Rooms Di Mall

ASI memang merupakan nutrisi terbaik untuk bayi. Apalagi Air Susu Ibu ini sejatinya mengandung hampir 200 zat yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang sang buah hati. Itulah sebabnya mengapa ASI harus diberikan ekslusif selama 6 bulan penuh sejak bayi dilahirkan.

Tentunya pemberian ASI ini tidak ditambahi dengan asupan makanan dan minuman lain dalam bentuk apapun. Selain memenuhi kebutuhan bayi, memberikan ASI secara eksklusif juga berguna untuk menekan hampir 13% angka kematian pada bayi.

Nah, itulah mengapa dukungan orang-orang terdekat dalam menyediakan ruang untuk memberi ASI sangat dibutuhkan seorang ibu. Tidak hanya orang terdekat saja, seluruh lapisan masyarakat sebenarnya juga harus mendukung kampanye pemberian ASI eksklusif ini.

Salah satu cara yang dilakukan masyarakat dalam memberikan dukungan terkait kampanye ini adalah dengan menyediakan ruang laktasi publik di ruang-ruang umum, misalnya saja nursery room yang ada di pusat perbelanjaan. Adanya ruang laktasi ini sejatinya juga didukung Pemerintah dengan menerbitkan suatu Peraturan Pemerintah tercatat No 33 di tahun 2012.

Biasanya fasilitas yang ada di Nursery Rooms ini berupa baby tafel yang berguna untuk mengganti popok, tempat duduk, dan wastafel. Selain itu, ada juga yang mempercantik desain interior ruang laktasi ini agar si ibu dan si kecil nyaman dan merasa aman dalam memberikan ASI lho.

Tentunya dengan adanya nursery room ini, sudah membantu ibu dalam memperlancar kewajiban menyusuinya dan juga membantu bayi dalam memperoleh hak mendapat ASI. Bahkan, dengan memberikan ruang untuk ibu menyusui, kita secara tidak langsung turut membantu menekan angka kematian pada bayi lho.

Penasaran kira-kira pusat perbelanjaan mana saja ya yang mendukung aksi pemberian ASI eksklusif ini dan menyediakan ruangan laktasi? Yuk simak ulasan berikut ini ya!

1. Mall Kota Kasablanka

Mall yang ada di kawasan Casablanca ini memang menjadi salah satu mal favorit berbagai kalangan, terlebih untuk keluarga. Selain bisa berjalan-jalan dengan anak, di dalam mall ini ternyata terdapat  Nursery Rooms yang tentunya berfasilitas lengkap.

Disana terdapat 5 private room dengan 3 bilik yang di masing-masing ruangnya terdapat sofa nyaman dengan matras yang pastinya membuat ibu betah menyusui disana. Ada 2 ruang laktasi di mall Kota Kasablanka, satu berada di lantai 2, dan satu lagi ada di lantai GF.

Mall Kota Kasablanka

Selain sofa dan matras, di ruangan ini mempunyai desain interior yang sangat cantik dan didominasi warna hijau. Nuansa warna ini dipilih agar memberikan ketenangan kepada ibu dalam menyusui bayinya.

Selain interior, di dalam ruang laktasi juga terdapat changing table, wastafel, dan stop kontak. Disana juga terdapat beberapa boneka lucu yang dipajang di rak bagian atas agar suasana cozy dan homey semakin terasa.

Nah, bagi ibu-ibu yang mau menyusui tapi bilik kebetulan penuh, tenang saja… tidak perlu antri lama. Ruangan ini didesain sedemikian rupa agar ibu juga bisa menyusui di area luar. Selain masih aman dari pandangan mata pengunjung lain, disana juga disediakan sofa tunggu lho.

Tidak hanya menyusui saja, disana ibu juga bisa mengganti popok si kecil agar bayi tetap bersih dan nyaman. Tentunya segala fasilitas ini dapat mom temui jika berkunjung ke Mall Kota Kasablanka yang ada di Jl Casablanca Raya, tepatnya di Kav 88, Jakarta.

2. Pacific Place Mall

Selain memiliki fasilitas lengkap, ruang yang dibangun untuk memberi privasi kepada para ibu saat menyusui dan mengganti popok bayi ini dibangun dengan luas yang cukup nyaman digunakan lho.

Nursing room yang ada di Pacific Place Mall ini ada di lantai 3 untuk komunal dan ada juga di lantai 4 untuk private. Bedanya antara lantai 3 dan lantai 4 mungkin ukuran luasnya saja.

Pacific Place Mall

Di lantai 3 yang ada persis di sebelah outlet Batik keris, ruangannya dibangun luas dengan beberapa bilik berfasilitas seperti sofa menyusui, cermin, wastafel, dan meja untuk mengganti popok hingga stop kontak.

Di bagian luar bilik, terdapat changing table juga, lengkap dengan matras besar, wastafel, dan tempat sampah. Sedangkan di lantai 4 dibangun lebih kecil untuk memberi kesan private kepada pemakainya meski masih berfasilitas sama.

Mal yang ada di kawasan Niaga SCBD ini memiliki desain interior yang unik lho, yakni memakai wallpaper dengan gambar “Winnie The Pooh dan Tiger”. Dinding bergambar kartun kesukaan anak-anak ini juga dilengkapi korden penutup agar menambah rasa aman dan nyaman. Penasaran dengan ruang laktasi ini? Silahkan saja datang ke Pacific Place Mall di Jl Jendral Sudirman, tepatnya di Kav. 52-53, Jakarta dari jam 10 pagi sampai 10 malam.

3. Central Park Mall

Salah satu mall terkenal ini juga mempunyai nursery room lho. Begitu masuk ke ruangan laktasi, mom akan disuguhi dinding-dinding berwarna-warni yang tentunya akan menghibur sang buah hati. Ditambah lagi, disana juga mempunyai fasilitas seperti sofa, meja untuk mengganti popok, hingga wastafel.

Central Park Mall

Bedanya ruangan laktasi Central Park Mall dengan pusat perbelanjaan lain yaitu tidak adanya sekat diantara ruang menyusui dengan ruang untuk mengganti popok. Tapi tenang saja mom, semuanya sangat nyaman dan aman lho. Bahkan, ruangan disana cukup luas untuk diisi 3 orang ibu dan buah hati, lengkap dengan stroller masing-masing.

4. Mall Pejaten Village

Salah satu mal terkenal ini juga mempunyai fasilitas nursery room yang lumayan lengkap lho. Konsepnya pun mengusung ‘mother room’ yang mana dibuat selayaknya rumah dengan banyak bilik tersedia. Tercatat, ada sekitar 10 private rooms yang dapat digunakan untuk menyusui, 6 diantaranya berukuran lumayan besar dengan dilengkapi baby taffel, cermin, wastafel dan juga tempat menyusui.

Mall Pejaten Village

Selain itu, disana juga disediakan ruang tamu yang dapat dipakai para suami untuk menunggu istri mereka. Ada pula toilet yang diperuntukkan khusus balita. Lengkap ya!

5. FX Sudirman Mall

Meskipun tidak begitu luas, namun nursery room yang dibangun di FX Sudirman Mall ini sangat nyaman lho. Pasalnya ruangan disana dilengkapi banyak fasilitas dan interior menarik, misalnya saja lukisan anak-anak, private room bergorden, sofa, stop kontak, dan meja kecil.

Di bagian luar ruangan juga terdapat changing table, wastafel, dan sofa. Kalau mom ingin menemukan nursing room ini, mom bisa menuju lantai 5. Posisinya tepat berada di sebelah outlet ‘Mom n Jo’.

FX Sudirman Mall

6. Gandaria City Mall

Tidak mau ketinggalan, Gandaria City Mall juga membangun ruangan menyusui yang ada di setiap lantai disana lho. Ruang laktasi ini dilengkapi bilik kecil dengan fasilitas seperti wastafel, sofa, dan baby taffel. Mom tidak perlu cemas dan khawatir dengan kebersihan serta higienitas ruang disana. Pasalnya ruangan menyusui ini selalu dibersihkan tiga kali sehari.

Gandaria City Mall

Demi menjaga kenyamanan dan memberi rasa aman kepada setiap ibu yang menyusui disana, pihak pengelola memberikan sekat korden di tiap private rooms disana.

Sofa di ruangan laktasi ini selain untuk menunggu, juga bisa digunakan untuk beristirahat sebentar dari penatnya aktivitas jalan-jalan bagi mom dan anaknya. Wastafel yang disediakan juga berguna untuk membersihkan bayi ketika seusai mengganti popok.

Mom bisa menemukan ruangan laktasi mall yang berada di Jl Sultan Iskandar Muda 57, tepatnya di Arteri Pondok Indah ini di area Ground Floor. Selain bersih, tentu saja desain interior juga diperhatikan. Ruangannya ada yang bertema beruang, ada yang bertema taman, tentunya membuat buah hati senang, bukan?

7. Aeon Mall BSD City

Salah satu mall langganan anak-anak perkotaan ini juga mempunyai nursing room. Bahkan desain interior disana juga disesuaikan dengan kesukaan ibu dan anak. Misalnya saja, warna ruangan dibuat soft namun ditambahi hiasan frame unik. Hiasan ini tentu membuat para ibu tertarik untuk memotretkan anaknya disana dan di posting via social media.

Aeon Mall BSD City

Untuk fasilitas, Aeon Mall di BSD City ini menyediakan private rooms dengan banyak bilik bersekat yang berguna memberi privasi kepada ibu saat menyusui. Disana juga terdapat ruang untuk mengganti diapers yang tentunya dibuat terpisah dari ruang laktasi.

8. Summarecon Mall Bekasi

Nursing room di Summarecon Mall Bekasi ini sering disebut “Mothers Room” dan letaknya ada di semua lantai lho. Jadi, dimanapun mom berada, jika bayi butuh ASI, mom bisa langsung menuju ruang laktasi ini tanpa susah-susah naik-turun ekskalator. Kenyamanannya pun tidak usah diragukan lagi. Disana ruangannya dibuat sedemikian rupa, dengan nuansa sejuk dan tembok warna-warni yang dipenuhi lukisan lucu.

Summarecon Mall Bekasi

Fasilitas yang ada disana sangat lengkap, yakni sofa untuk menyusui, free tissue, wastafel, dispenser, dan tempat mengganti popok. Jadi nih mom, kalau butuh air hangat mendadak untuk membuat susu formula, mom bisa langsung mengambil di dispenser tanpa bingung mencari lagi. Selain itu mom, disana juga ada free diapers berbagai ukuran. Hebat, bukan?

9. Pondok Indah Mall 1 dan 2

Salah satu mall di Jakarta ini juga menyediakan Nursery Rooms yang tentunya sangat bersih dan berfasilitas lengkap. Berada di lantai 2 Pondok Indah Mall 1, tepatnya di belakang outlet Wendy’s dan Red Bean, ruang laktasi ini dilengkapi dengan wastafel, tissue, sabun cair, tempat sampah, hingga AC.

Untuk menambah kenyamanan bayi, ruangan ini juga dilengkapi dispenser, Baby tafel, dan 1 set kursi serta meja.

Pondok Indah Mall

Sedangkan yang di Pondok Indah Mall 2, terdapat 2 nursing rooms lengkap dengan AC, set sofa, ganjalan kaki, hingga tutupan pintu. Di bagian luarnya ada kursi tunggu, changing table yang luas, toilet anak, hingga wastafel. Meski tidak ada bilik khusus disana, namun ruang laktasi di PIM 1 dan 2 termasuk cukup besar lho mom, yakni dapat menampung sekitar 7 orang ibu dan bayinya.

10. Mall Senayan City

Mall yang ada di Jl Asia Afrika No 19 ini mempunyai nursing room juga. Letaknya ada di lantai 3 dekat dengan mothercare dan juga di lantai 4, bersebelahan dengan kiddy cuts. Fasilitasnya tentu saja dapat dikatakan lengkap. Disana ada kursi goyang, rak, wastafel, kasur kecil untuk mengganti popok, hingga dispenser air.

Mall Senayan City

Meski tidak disediakan private rooms, namun Manajemen Senayan City Mall ternyata memberikan tambahan informasi untuk ibu dan bayi. Info ini digantung di dinding dan berkaitan tentang bagaimana cara menjaga kebersihan saat menyusui, apa saja manfaat ASI, hingga bagaimana sih cara memilih bra menyusui yang tepat.

11. Grand Indonesia

Berada di Jl MH Thamrin, Grand Indonesia menjadi salah satu mall favorit orang Jakarta. Bisa dibayangkan pasti betapa banyak pengunjung disana. Nah, agar keluarga terutama seorang ibu yang berbelanja disana nyaman, maka pihak pengelola menyediakan ruang laktasi yang lokasinya di dekat Restroom dan ada di semua lantai.

Meski berkapasitas sekitar dua orang saja, namun ruangan ini dibuat sebagus mungkin lho. Bagaimana tidak, ruangan menyusui ini dibuat dnegan gaya Carnival yang mana dinding dan properti disana dibuat berwarna-warni serta menyatu dengan toilet anak.

Grand Indonesia

Fasilitas yang disediakan juga lengkap. Ada meja ganti popok, kursi berbentuk lucu, hingga cermin besar. Bahkan, nursery rooms ini sangat populer di kalangan pengunjung sehingga dalam sehari saja, bisa didatangi sekitar 70 ibu lho.

12. Mall Taman Anggrek

Tidak mau ketinggalan, Mall Taman Anggrek juga menyediakan ruang menyusui yang juga ada di setiap lantai. Ruangan ini selain untuk membantu ibu dalam menyusui bayi, juga dapat dipakai untuk mengganti popok.

Meski berukuran kecil dan tidak adanya sekat antara ruang ganti popok dan ruangan menyusui, namun fasilitasnya lengkap lho. Ada kursi panjang, wastafel, hingga meja untuk mengganti diapers.

Mall Taman Anggrek

13. Mal Kelapa Gading

Baik di Kelapa Gading Mal 1 atau Kelapa Gading Mal 3 sudah terdapat nursery rooms. Fasilitasnya pun lengkap. Di Kelapa Gading 1, terdapat fasilitas berupa 1 kursi panjang, wastafel, baby tafel, tisu gulung, hingga kaca rias.

Lokasi ruang laktasi ini ada di sebelah Diamond atau di Lantai dasar, tepatnya di bagian belakang popeyes. Sedangkan untuk Kelapa Gading 3, fasilitas yang ada disana berupa changing table, wastafel, dan kursi.

Mal Kelapa Gading

Lokasinya di Lantai 3 area food court, Lantai 1 area mothercare, dan di Lantai 2, tepatnya di belakang ‘nyla boutique’, serta di Lantai Dasar di area dekat ATM BCA disana. Bagusnya, baik di kedua mall ini semuanya sudah dilengkapi AC mom. Jadi tidak perlu takut kepanasan atau merasa tidak nyaman.

14. Epicentrum Walk

Ruang laktasi di Epicentrum Walk ini ada di lantai 3 dan cukup luas lho. Selain itu, ruangan yang tidak pernah sepi pengunjung ini juga bersih dan nyaman. Ruang laktasi yang ada di salah satu mall area Komplek Rasuna Epicentrum ini memiliki 2 bilik berjajar.

Epicentrum Walk

Di tiap bilik terdapat stop kontak, single sofa, dan tempat sampah. Di bagian luar biliknya terdapat changing table, 2 wastafel, hingga lemari penyimpanan barang. Sudah pasti dijamin aman dan nyaman ya mom.

15. Supermal Karawaci

Mall yang ada di Jl Boulevard Diponegoro nomor 105 Tangerang ini juga mempunyai ruang laktasi. Letakny ada di area Lower Ground, area Food court, dan juga Upper Ground. Supermal Karawaci ini menyediakan 4 buah mother’s room yang masing-masing berukuran 2×3 m² dan ukuran 6×3 m².

Supermal Karawaci

Salah satu kelebihan ruang laktasi di mall ini adalah desain interiornya dibuat layaknya pelangi, jadi membuat para ibu dan anak betah dan nyaman disana. Fasilitas disana lumayan lengkap, ada tempat mengganti popok, sofa, dan wastafel. Bahkan disana juga disediakan toilet khusus sesuai jenis kelamin anak, yaitu toilet untuk anak laki-laki dan toilet untuk anak perempuan.

16. Ciputra World 1

Mall yang ada di Jl Prof. Dr. Satrio, tepatnya di Kav 3-5 Kota Jakarta ini mempunyai ruang laktasi yang berada di Ground Floor. Meski ruangnya tidak begitu luas, tapi sangat nyaman digunakan. Fasilitas disana berupa single sofa, satu wastafel, matras atau tempat mengganti popok.

Ciputra World 1

17. Margocity

Ada satu hal yang menarik dari ruang laktasi di Mall Margocity ini. Interior ruangnya dibuat sangat ceria dan khas anak-anak. Mall yang ada di Jl Margonda Raya ini menyediakan 2 bilik dengan fasilitas berupa double sofa dan juga stop kontak.

Margocity

Selain itu, ada pula meja untuk mengganti popok, lengkap dengan matras, sekat pemisah, namun sayang biliknya hanya bertutupkan tirai. Namun, jangan salah… ruangan yang ada lantai 1 ini sangat aman dan nyaman lantaran sepanjang hari terdapat 2 orang petugas kebersihan yang selalu bertugas disana.

18. Paragon Mall

Mall yang terletak di Jalan Pemuda No 118 Semarang ini sangat bersahabat bagi ibu-ibu yang membawa bayi atau balita. Alasannya karena di Paragon Mall Semarang telah memiliki ruang laktasi yang cukup nyaman. Meskipun ruang menyusui di sini hanya sekitar 3×4 meter saja namun fasilitasnya sudah lengkap, enaknya lagi ruang laktasi ada di setiap lantai.

Paragon Mall

Ruang laktasi di desain dengan tema hitam-putih, ada tempat ganti popoknya, kursi yang nyaman, dan juga wastafel. Bahkan dalam waktu dekat Paragon Mall juga akan melengkapi nursery room mereka dengan beberapa mainan anak-anak.

19. Grand City Surabaya

Grand City Surabaya merupakan salah satu mall besar di Surabaya yang sudah di lengkapi dengan nursery room. Jadi, ketika mom datang ke pusat perbelanjaan yang berada di bilangan Jalan Walikota Mustajab Surabaya ini dan mengajak si kecil tidak perlu khawatir.

Grand City Surabaya

Saat waktu menyusui tiba segera saja masuk ke ruang laktasi yang ada di setiap lantai. Total ada 7 ruang menusui yang di bagi menjadi area barat dan timur. Di sana ada kursi menyusui yang nyaman, wastafel, tempat ganti popok serta tisu basah gratis. Ruangannya berukuran 5×3 meter jadi bisa menampung beberapa orang sekaligus.

20. Ratu Indah Mall

Bagi para Mall Goers Makassar pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Ratu Indah Mall. Tempatnya besar, bersih serta fasilitas pendukungnya lengkap mulai dari tempat parkir, toilet, ATM Center, mushola sampai ruang menyusui.

Ya, bagi ibu-ibu keberadaan ruang laktasi di sebuah pusat perbelanjaan adalah suatu anugerah. Alasannya karena mereka bisa berbelanja dengan senang tapi tidak melupakan kewajibannya terhadap anak.

Ratu Indah Mall

Di Ratu Indah Mall Jalan DR Ratulangi No.35 Makassar ini sudah punya ruang laktasi yang nyaman. Di dalam ruangan tersebut terdapat 2 buah sofa, wastafel, 2 bangku kecil dan lemari. Selain itu juga terdapat changing table serta gorden untuk menutupi ibu saat menyusui.

21. Grand City

Mall yang terletak di kawasan Jalan Gubeng Pojok Surabaya ini juga menyediakan fasilitas yang lengkap termasuk nursery room. Letak ruang menyusui di pusat perbelanjaan ini di lantai 1 dan 2 dengan luas kurang lebih 9 meter. Di dalamnya terdapat alas tempat ganti popok, sofa yang empuk dan nyaman.

Wastafel juga tersedia di tempat ini. Tak heran pemkot Surabaya memberikan penghargaan pada mall ini karena telah peduli terhadap kebutuhan ibu menyusui.

22. Lotte Mall Bintaro

Lotte Mall Bintaro lokasi tepatnya berada di Jalan M.H. Thamrin CBD Area Kav. Blok B7/01-06 (Bintaro Sektor 7), Tangerang. Letaknya yang berada di pusat kota membuat mall ini tidak pernah sepi pengunjung apalagi kaum hawa. Tak sedikit pengunjung tersebut membawa baby yang masih butuh menyusu.

Lotte Mall Bintaro

Nah, inilah yang menjadikan Lotte Mall Bintaro menyediakan ruang menyusui di lantai 2 dari gedung mall. Secara keseluruhan ruang laktasi terbagi menjadi 3 bilik. Paling ujung merupakan tempat ganti popok dengan meja, 2 matras dan 1 single sofa. Di bilik tengah terdapat sofa nyaman untuk menyusui, terakhir di bilik 3 isinya ada tempat sampah dan wastafel untuk mencuci tangan.

23. Bandung Indah Plaza

Pusat perbelanjaan berikutnya yang dinilai bersahabat untuk ibu-ibu yang membawa baby adalah Bandung Indah Plaza. Alasannya tidak lain karena di mall yang berada di Jalan Merdeka No.56 Citarum Bandung ini sudah memiliki nursing room yang memadai. Letaknya berada di lantai 3 dekat dengan toilet, namun berada di ruangan terpisah.

Bandung Indah Plaza

Di dalamnya terdapat fasilitas berupa sofa, changing tabel yang cukup panjang muat sampai dua bayi. Ada juga wastafel, cermin, sabun cair dan tisu. Di sisi lain terdapat ruangan bergorden dan single sofa yang dapat di gunakan untuk menyusui secara nyaman.

24. Carrefour Kiaracondong

Tempat belanja lainnya di Bandung yang sudah memiliki fasilitas nursery room adalah Carrefour Kiaracondong. Letak ruang menyusuinya sangat mudah di temukan, yaitu berada di lantai 1 dekat dengan mushola.

Untuk dapat masuk ke dalam ruangan ini bagi para ibu-ibu harus menghubungi customer service terlebih dahulu. Dengan jaminan berupa KTP, mom akan mendapatkan kunci untuk akses masuk.

Carrefour Kiaracondong

Kesan pertama yang akan mom rasakan yaitu tempatnya bersih, rapi dan terawat. Di dalamnya terdapat sofa empuk, wastafel, changing table dan juga toilet. Alamat lengkap mall ini sendiri berada di Jalan Soekarno-Hatta No.526 Cijarua, Bandung.

25. Cihampelas Walk “Ci-Walk”

Ci-Walk merupakan salah satu tempat terbaik di Bandung yang bisa dijadikan tempat nongkrong dan belanja. Alamatnya berada di Jalan Cihampelas No.106, Cipaganti, Coblong, Kabupaten Bandung. Di tempat ini juga telah memiliki fasilitas ruang laktasi yang dapat di gunakan para ibu saat ingin menyusui anaknya.

Cihampelas Walk “Ci-Walk”

Letaknya berada di lantai lower ground depan Yogya Departemen Store atau di area parkir. Ruangannya sudah ber AC, di sana terdapat 1 kursi dan 1 wastafel. Karena ruang ini sekaligus menjadi ruang P3K tidak heran jika terdapat juga fasilitas tempat tidur.

26. Istana Plaza

Istana Plaza atau Lippo Malls terletak di Jalan Pasir Kaliki No.121-123 Pamoyan, Cicendo, Bandung. Di pusat perbelanjaan ini terdapat banyak deretan toko yang menjual berbagai macam kebutuhan. Ada store baju, alat elektronik, kosmetik, juga aksesoris. Tak lupa juga terdapat fasilitas berupa area parkir yang luas, resto, tempat ibadah serta nursery room bagi ibu-ibu.

Lokasi nursery room berada di lantai Under Ground dan di lantai 3. Di dalam ruang tersebut berisi kursi busa, 2 baby tafel, 1 kursi panjang, wastafel dan tempat sampah. Yang membuat lebih nyaman karena ruangan laktasi ini sudah di lengkapi dengan AC dan meja rias.

Istana Plaza

Jangan sampai momen senang-senang sama keluarga berubah drama karena nggak nyamannya fasilitas nursing roomnya. Nah, biar makin happy waktu ngemal, jangan lupa ajak ke restoran juga untuk mengisi perut. Dijamin waktu jalan-jalan jadi semakin berkesan.

Tentunya jalan-jalan ke mal bersama anak, akan makin nyaman kalau dilengkapi dengan ruang menyusi, bukan? Wisata jalan, ASI eksklusif tetap jalan terus!