Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Kandungan Susu Formula yang Khasiatnya Sama Seperti ASI
Kandungan Susu Formula yang Khasiatnya Sama Seperti ASI
Gambar Kandungan Susu Formula yang Khasiatnya Sama Seperti ASI

ASI adalah makanan terbaik bagi bayi, oleh karenanya pemberian ASI secara eksklusif disarankan sejak usia 0-6 bulan. Tapi, beberapa kondisi membuat Anda harus memberikan susu formula pada si kecil.

Meski tentunya tidak memiliki kandungan selengkap ASI, Profesor Peter Hartmann asal Australia, seorang spesialis ASI dan produksi susu mengungkapkan, bahwa kini produsen susu formula berhasil menemukan beberapa jenis protein yang ada di dalam ASI.

Berikut adalah informasi selengkapnya tentang kandungan susu formula yang dibuat semirip mungkin dengan ASI.

Kandungan Susu Formula yang Khasiatnya Sama Seperti ASI

Protein

Dalam 100 gram ASI mengandung sekitar 80% protein. Kandungan tersebut diperlukan untuk pembentukan tulang, kulit, otot, dan darah.

Protein juga berguna untuk membangun, memperkuat, serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Khasiat susu formula yang sama seperti ASI berikut ini bisa didapatkan dari susu sapi atau soya.

Susu berbasis soya lebih direkomendasikan untuk bayi, sebab memiliki intoleransi terhadap protein susu sapi dan aman bagi bayi dengan alergi atau kolik.

Asam Lemak

Asam lemak di dalam ASI ada sekitar 78 g, ini berguna untuk membentuk kecerdasan otak dan mental bayi. Zat tersebut juga penting dalam membentuk jaringan otak, sekaligus merangsang perkembangan saraf matanya.

Pada susu formula, kandungan ini bisa ditemukan pada susu dengan label DHA, AHA, ARA, dan AA.

Zat Besi

ASI mengandung sekitar 30% zat besi yang diperlukan bayi untuk berkembang di masa awal hidupnya. Menurut penelitian dalam publikasi yang dikeluarkan Institute of Medicine, bahwa kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia pada bayi.

Tak perlu khawatir, sebab kandungan ini sudah ada di dalam sufor. Sehingga kebutuhan zat besi hariannya dapat terpenuhi.

Laktoferin

Ini adalah jenis protein yang ada di kolostrum, yang tentunya juga bisa ditemukan di dalam ASI. ASI sendiri mengandung sekitar 1-6 mg/ml laktoferin.

Kandungan sufor tersebut memiliki aktivitas antibakteri yang cukup kuat. Sehingga membantu bayi untuk mempertahankan dirinya dari serangan penyakit.

Kabar baiknya, kini di dalam sufor juga telah terkandung laktoferin. Para peneliti berhasil memindahkan kandungan tersebut ke dalam susu formula.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.