Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Kesalahan Menyajikan Susu Formula yang Patut Diwaspadai
Kesalahan Menyajikan Susu Formula yang Patut Diwaspadai
Gambar Kesalahan Menyajikan Susu Formula yang Patut Diwaspadai

Waspada, ini dia kesalahan menyajikan susu formula yang bisa bikin bayi lebih mudah sakit!

Tentunya sebagai seorang ibu Anda tidak ada niat sedikitpun memberi susu formula pada bayi dari awal. Namun keadaan tertentu terkadang mengharuskan Anda mau tidak mau memberi susu formula untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian si kecil.

Sejatinya, ASI (Air Susu Ibu) adalah susu terbaik untuk bayi usia 0-6 bulan yang bisa didapatkan langsung dari mamanya secara eksklusif. Pastinya dalam menyiapkan susu formula butuh waktu dan perhatian, juga kehati-hatian. Salah dalam menyajikan susu formula bisa membahayakan kesehatan bayi.

Kesalahan Menyajikan Susu Formula yang Patut Diwaspadai

Memasukan Susu Tidak Sesuai Takaran yang Dianjurkan

Kesalahan menyajikan susu formula pertama adalah mengurangi atau menambah jumlah takaran susu yang dianjurkan sangat tidak disarankan. Hal ini bisa membuat bayi kekurangan, atau justru kelebihan asupan nutrisi .

Akibat dari terlalu banyak asupan nutrisi bisa membuat bayi susah buang air besar, hingga membuat asupan cairan bagi tubuhnya mengalami pengurangan.

Memegang Ujung Dot

Ini adalah hal yang paling sering dilakukan oleh para ibu ketika mempersiapkan susu formula untuk bayinya. Padahal, kehigienisan harus terjaga.

Oleh karenanya Anda harus menghindari memegang ujung dot saat menyiapkan susu formula, bahkan saat mengocok botol susu. Tujuannya, untuk menghindari dot terpajan virus atau bakteri.  

Suhu Susu Terlalu Panas

Dalam menyiapkan susu untuk si kecil dibutuhkan suhu sekitar 70 derajat celcius untuk membunuh bakteri yang ada di dalamnya. Namun, jangan lupa untuk mendinginkan terlebih dulu sebelum memberikannya pada bayi Anda.

Cara menyajikan susu formula untuk si kecil yang tepat adalah dengam membalikkan botol dan meneteskan susunya dipergelangan tangan. Dengan begitu Anda bisa memastikan suhunya tak terlalu panas.

Suhu Air yang Digunakan Terlalu Panas

Susu formula berbeda dengan kopi atau teh yang harus diseduh dengan air mendidih. Tertera dalam kemasan susu formula, dimana rata-rata suhu yang dibutuhkan untuk menyajikan susu formula adalah sekitar 70 derajat celcius.

Pemerintahan Inggris dan Irlandia memaparkan bahwa, air tawarkan memang harus didihkan terlebih dulu agar airnya steril. Setelah itu, disarankan agar didinginkan selama kurang lebih 30 menit untuk mencapai suhu sekitar 70 derajat celcius.

Air yang terlalu panas justru akan merusak nutrisi di dalam susu formula yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.