Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Pengalaman Memakai Obat Keputihan Untuk Ibu Hamil
Keputihan Bentuk Grafis
Gambar Keputihan Bentuk Grafis

Keputihan adalah masalah yang lazim bagi wanita baik yang belum menikah maupun yang sudah menikah, tapi meskipun lazim keputihan tetap sangat mengganggu. Bagi wanita yang sudah menikah keputihan terasa lebih menjengkelkan karena dapat mengganggu keharmonisan rumah tangga.

Bagi ibu hamil keputihan jadi lebih menjengkelkan lagi karena selain mengganggu keharmonisan rumah tangga, keputihan juga menyebabkan peningkatan kecemasan ibu terhadap kesehatan bayi. Intinya, pada masa kehamilan keputihan adalah salah satu sumber stres, betul?

Ada dua obat keputihan yang disarankan oleh banyak dokter untuk para ibu hamil yaitu Vagistin dan Nystatin ovula. Ada kekurangan dan kelebihan masing-masing obat tersebut sebagai berikut.

Obat Keputihan Vagistin

Obat keputihan Vagistin berbentuk oval. Cara menggunakan Vagistin yaitu dengan cara memasukkan langsung obatnya ke dalam vagina.

Obat Keputihan Vagistin

Vagistin mengandung dua bahan utama yaitu Metronidazole dan Nystatin. Vagistin juga dilapisi oleh semacam pelumas yang lumer begitu terkena benda hangat sehingga tidak sulit pada saat dimasukkan ke vagina.

Harga Vagistin berkisar antara Rp45.000-50.000 per strip isi lima. Untuk pemakaian 5 hari.

Obat Keputihan Nystatin Ovula

Berbeda dengan Vagistin, Nystatin Ovula berbentuk tablet. Cara menggunakannya sama dengan Vagistin yaitu dengan cara dimasukkan ke dalam vagina. Perbedaan Nystatin dan Vagistin sangatlah terasa bukan dalam hal kemanjurannya, tetapi teksturnya.

Obat Keputihan Nystatin

Tekstur Nystatin sangatlah kasar seperti obat tablet tanpa salut selaput contohnya Vitacimin. Kalau tujuannya untuk dikunyah sih tidak masalah, tapi kalau dimasukkan ke vagina pasti bermasalah.

Kasarnya tekstur Nystatin ini bisa membuat labia minora jadi lecet. Untuk mengakalinya bisa pakai pelumas water based yang biasa dipakai untuk berhubungan intim.

Harga Nystatin harganya lebih murah dibanding denganVagistin yaitu bawah Rp20.000. Tapi ya itu, teksturnya kasar. Oh iya, lama pemakaian Nystatin lebih lama dibandingkan dengan Vagistin yaitu sekitar 7 hari.

Pemakaian dan Pasca Pemakaian

Pemakaian obat keputihan non-oral sebaiknya diaplikasikan pada saat menjelang tidur karena mungkin akan mengakibatkan rasa tidak nyaman pada vagina.

Selain itu, obat vagina ini akan lumer seiring berjalannya waktu sehingga kalau dipakai pada waktu pagi kemungkinan besar akan menetes dan membuat celana dalam jadi basah. Oleh karena itu, jika digunakan sebelum tidur maka obat akan keluar di pagi hari dan bisa dibersihkan sekalian pada saat mandi.

Cairan yang keluar biasanya berwarna putih, kuning, atau kuning kehijau-hijauan. Jangan khawatir, itu tanda kalau obatnya bekerja dengan baik.

Efek Obat Keputihan Bagi Kehamilan

Sejauh ini kontributor kami tidak ada yang mengalami masalah memakai Vagistin dan Nystatin ketika mereka hamil. Jika ibu-ibu ragu sebaiknya konsultasi ke dokter.

Ingat! Vagistin dan Nystatin bukan obat oral. Obat keputihan yang dikonsumsi secara oral pada masa kehamilan sangat tidak dianjurkan karena dapat mengganggu kesehatan janin.

Boleh loh share pengalaman ibu-ibu, tulis aja di bagian komentar di bawah!